Menu Sahur Hemat, Sehat dan Praktis Buat Si Home Alone | Breaktime
Menu Sahur Hemat, Sehat dan Praktis Buat Si Home Alone
30.06.2015

Waktunya puasa, waktunya santap sahur. Ya, sahur jadi bagian yang tak terpisahkan dengan puasa saat Ramadan tiba, B’timers. Mungkin kadang kita bingung, menu sahur apa yang harus disiapkan. Nah, daripada ribet dan menyiapkan makanan yang “heboh”, menu sederhana penuh gizi ini sudah cukup kok, untuk mengisi perut dan jadi bahan bakar energi puasa sehari penuh. Apa saja, ya?

Roti gandum + pisang

Kombinasi roti gandum dengan pisang
Kombinasi roti gandum dengan pisang

Roti berbahan gandum lebih sehat dibandingkan roti tawar biasa. Padukan dua lembar roti tawar gandum dengan selai kacang, beri potongan pisang dan taburi biji wijen atau kismis. Pisang kaya karbohidrat yang baik untuk sumber energi saat berpuasa seharian.

Alpukat dan telur orak-arik

Fix mix yang padat dan gurih
Fix mix yang padat dan gurih

Super simple, Anda hanya membutuhkan telur, alpukat, dan buah tomat. Buat telur orak-arik, padukan dengan alpukat segar yang dicincang kasar. Setelah tercampur rata, tambahkan irisan tomat. Menu sahur yang padat dan gurih ini cukup untuk energi sehari penuh.

Salad telur yang segar

Telur rebus jadi bahan utama salad
Telur rebus jadi bahan utama salad

Tak hanya buah, sayur juga menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi saat sahur. Salad dengan sayuran segar bisa menjadi pilihan sajian yang tepat. Potong-potong tomat, bayam, dan sayuran yang Anda suka, lengkapi dengan telur rebus. Taburi garam dan merica untuk penyedap.

Smoothie cokelat nan sehat

Perpaduan yang sehat dan mengenyangkan
Perpaduan yang sehat dan mengenyangkan

Anda bisa memadukan buah pisang, selai kacang, bubuk kakao dan air. Blend hingga halus dan lembut. Tambahkan oat untuk ikut dihaluskan jika memang sudah tersedia di rumah. Simple, sehat dan mengenyangkan, smoothie cokelat ini sangat cocok untuk santap sahur.

Nah, meski tinggal sendiri, tak perlu galau memikirkan menu sahur. B’timers bisa coba sederet sajian sederhana yang kaya gizi tadi. Happy fasting!

Share This Article