Menstruasi Bukan Alasan untuk Berhenti Olahraga! | Breaktime
Menstruasi Bukan Alasan untuk Berhenti Olahraga, Let’s Work Out!
13.10.2015

Banyak mitos yang mengatakan bahwa olahraga harus dihindari saat sedang menstruasi. Sebab, tubuh akan lebih rentan terluka dan cedera ketika datang bulan. Padahal, melakukan sejumlah olahraga ringan terbukti bisa mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi lho, B’timers.

Bagi Anda yang ingin tetap aktif saat menstruasi, berikut 5 jenis olahraga yang aman untuk dilakukan:

Jalan kaki

Menstruasi Bukan Alasan untuk Berhenti Olahraga! | Breaktime
Lakukan jalan kaki 10-15 menit untuk membuat tubuh rileks

Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang sangat pas dilakukan saat menstruasi. Tanpa membuat Anda lelah berlebihan, olahraga satu ini bisa tetap menjaga kebugaran tubuh. Jadi, pakailah sneakers, sunblock, bawa sebotol air putih, kemudian berjalanlah keliling kompleks.

Jogging

Menstruasi Bukan Alasan untuk Berhenti Olahraga! | Breaktime
Berlarilah untuk usir nyeri hadi

Hormon endorfin yang diproduksi saat tubuh aktif bergerak akan membantu meringankan gejala menstruasi seperti sakit perut dan pusing. Tapi ingat, pastikan Anda minum air putih yang cukup sebelum dan sesudah jogging untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi.

Yoga

Menstruasi Bukan Alasan untuk Berhenti Olahraga! | Breaktime
Pose lotus yang cocok dilakukan saat sedang menstruasi

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat aman dilakukan saat menstruasi sekalipun. Pilihlah gerakan yang paling nyaman dan dikuasai kemudian carilah tempat yang tenang untuk berlatih yoga. Untuk membuat tubuh tetap bugar, pilihlah gerakan yang sangat mudah seperti halnya lotus yang tidak membutuhkan banyak perpindahan tubuh.

Mengerjakan pekerjaan rumah

Menstruasi Bukan Alasan untuk Berhenti Olahraga! | Breaktime
Tetaplah aktif saat menstruasi dengan mengerjakan pekerjaan rumah

Membersihkan rumah dan membuat tubuh tetap aktif bergerak setiap saat juga termasuk dalam olahraga. Dengan begini, keringat Anda akan bercucuran, rumah jadi bersih, dan sakit akibat menstruasi gampang terlupakan. Aktivitas membersihkan rumah seperti halnya mengepel, menyapu,dan membersihkan kamar mandi akan membuat tubuh Anda jadi rileks.

Dancing

Menstruasi Bukan Alasan untuk Berhenti Olahraga! | Breaktime
Menarilah dan biarkan semua keringat keluar dengan derasnya

Ingin tetap bergerak aktif saat menstruasi? Menarilah! Anda bisa membuat gerakan sendiri atau meniru gerakan yang ada di dalam video. Pilih lagu yang up beat, dan biarkan tubuh Anda bergoyang dengan bebasnya!

Nah, olahraga mana nih, yang ingin B’timers coba terlebih dahulu?

Share This Article