Menjalani Diet Saat Hamil, Apakah Aman dan Sehat | Breaktime
Menjalani Diet Saat Hamil, Apakah Aman dan Sehat?
08.12.2016

Untuk sebagian banyak wanita, tentu diet selama masa kehamilan menjadi pertanyaan utama yang ingin diketahui jawabannya, ya, B’timers? Selain penting untuk menjaga asupan nutrisi demi jabang bayi, diet saat hamil apakah tidak membahayakan sang ibu? Well, di sini bukan berarti berdiet untuk menurunkan berat badan dengan membatasi kalori, lho. Yuk, intip diet sehat bagi ibu saat hamil, B’timers!

Menjalani Diet Saat Hamil, Apakah Aman dan Sehat | Breaktime
Diet bagi ibu hamil bukan berarti mengurangi makan, lho
  • Perhatikan jumlah asupan makanan

Bagi ibu hamil adalah penting untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan tertentu dalam sehari. Hal ini untuk memastikan Anda memenuhi jumlah nutrisi bagi diri Anda serta kebutuhan bayi. Dan di bawah ini adalah jenis makanan yang penting dikonsumsi oleh ibu hamil, B’timers!

  • Buah dan sayuran segar

Seperti yang diketahui, buah dan sayur kaya kandungan nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Disarankan untuk mengonsumsi buah tinggi Vitamin C, seperti jeruk, grapefruit dan melon. Sementara untuk sayuran, tambah porsi brokoli, tomat dan kubis brussel.

Dan tak hanya itu, Anda wajib memperbanyak asupan asam folat untuk mencegah cacat saraf pada bayi. Makanan yang tinggi asam folat adalah sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan dan daging sapi muda. Setidaknya ibu hamil membutuhkan 2 hingga 4 porsi buah dan 4 atau lebih porsi sayuran.

Menjalani Diet Saat Hamil, Apakah Aman dan Sehat | Breaktime
Perbanyak buah dan sayuran segar selama masa kehamilan
  • Roti dan biji-bijian

Meskipun ibu hamil tak dilarang untuk diet, namun tetap penting memperhatikan asupan energi tubuh. Dan untuk membentuk energi, Anda disarankan mengonsumsi karbohidrat sehat dari roti yang terbuat dari biji-bijian. Anda bisa memilik roti gandum yang kaya akan zat besi, asam folat dan protein.

  • Makanan kaya protein

Daging merah, daging unggas, ikan, telur dan kacang-kacangan tinggi akan kandungan protein, Vitamin B dan zat besi yang penting bagi ibu hamil. Untuk memenuhi kebutuhan bayi akan semua nutrisi, ibu hamil disarankan mengonsumsi setidaknya 3 porsi protein per hari.

  • Produk susu

Ibu hamil membutuhkan setidaknya sekitar 1000 mg kalsium, B’timers. Kalsium penting untuk menjaga pertumbuhan gigi, tulang, otot hingga saraf. Untuk itu, saat diet di masa kehamilan, tak dianjurkan Anda untuk menghindari produk susu. Usahakan memenuhi asupan susu sebanyak 4 porsi setiap hari.

Dengan anjuran diet saat hamil yang tepat, tentu tidak akan membahayakan bayi dan diri ibu, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE