Mengenal Wushu dan Manfaatnya yang Wajib Tahu! | Breaktime
Mengenal Wushu dan Manfaatnya yang Wajib Diketahui
05.02.2016

B’timers tentu sudah tidak asing lagi dengan seni bela diri wushu atau yang lebih familiar disebut kungfu ini. Seni bela diri ini semakin diminati di Indonesia dari beberapa tahun terakhir. Maraknya berbagai macam seni bela diri di Tanah Air membuat para atlet tertarik untuk mempelajari martial arts dari luar negeri termasuk wushu.

Sekilas tentang wushu

Wushu merupakan seni bela diri asal negeri tirai bambu, Cina kuno. Secara bahasa, Wushu dibagi dalam dua kata yaitu wu yang berarti perang atau militer dan shu yang berarti kemampuan atau keterampilan. Jadi, wushu diartikan sebagai seni bela diri yang mengedepankan gerakan-gerakan tubuh.

Sebenarnya, wushu adalah versi modern atau kontemporer dari bela diri tradisional di Cina yang diajarkan di perguruan kungfu seperi Shaolin Pay, Kunlun Pay, Butong Pay dan sebagainya. Perguruan kungfu kala itu tidak hanya mengajarkan gerakan dan ilmu bela diri, melainkan sebagai lembaga keagamaan. Seiring berjalannya waktu, wushu tidak hanya diajarkan pada murid perguruan saja, melainkan juga kepada orang-orang di luar perguruan mereka.

Mengenal Wushu dan Manfaatnya yang Wajib Tahu! | Breaktime
Wushu sebagai way of live

Wushu tidak hanya mengajarkan gerakan bela diri yang lentur dan lembut, namun juga pernapasan, kendali atau kontrol pikiran dan pandangan hidup yang baik. Artinya, wushu  bukan hanya pendidikan fisik namun juga mental dan pikiran. Bagi para ahli, wushu bahkan sudah menjadi way of life yang selalu diterapkan dalam menjalani kehidupan. Berikut adalah tiga dari beberapa filosofi wushu terhadap kehidupan yang dipercaya.

  • Wushu mampu mengalahkan kekerasan dengan kelembutan
  • Wushu bisa mengikuti dan menyesuaikan gerakan lawan
  • Wushu mampu mengalahkan kekuatan ratusan kilo dengan gerakan beberapa ons saja

Manfaat wushu untuk kesehatan dan rekreasi

Ternyata, wushu tidak hanya sebagai ilmu atau seni bela diri untuk gaya-gayaan saja lho, B’timers. Bela diri ini juga memberi segudang manfaat baik untuk kesehatan fisik dan mental bagi para atlet wushu. Secara garis besar, wushu dapat meningkatkan kekuatan, kelincahan, fleksibilitas, kemampuan koordinasi, kecepatan, konsentrasi mental rasa percaya diri dan semangat. Itulah kenapa banyak orang tua, terutama etnis Tinghoa, mendaftarkan anaknya dalam perguruan wushu.

Mengenal Wushu dan Manfaatnya yang Wajib Tahu! | Breaktime
Wushu juga diikuti oleh anak-anak

Selain bermanfaat secara fisik, latihan wushu juga memiliki manfaat rekreasi yang dapat meningkatkan atau memperbarui kesegaran pikiran. Berlatih wushu juga bermakna melatih kesabaran dan kejelian. Oleh karena itu, mereka yang berhasil menguasai beberapa gerakan dasar wushu memiliki keuntungan terhindar dari stres dan perasaan tertekan lainnya.

Bela diri wushu memang bukan bela diri yang mudah untuk dipelajari. Namun bagi mereka yang mampu bertahan, akan menerima manfaat dan keuntungan yang setimpal dengan usaha yang dilakukan. Tak cukup disitu, kepopuleran wushu semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini terbukti dengan masuknya wushu ke dalam cabang olahraga yang dikompetisikan dan banyaknya film-film yang menampilkan gerakan wushu.

Jadi, Anda tertarik untuk belajar wushu, B’timers? (nap)

Share This Article