Mengenal 4 Jenis Yoga Terpopuler dan Manfaatnya | Breaktime
Mengenal 4 Jenis Yoga Terpopuler dan Manfaatnya
13.05.2015

Jenis Jenis Yoga Dan Manfaatnya

Bila Anda semakin menggemari yoga dan tertarik untuk mengetahui lebih dalam seputar jenis-jenis yoga, don’t get in twist over which type to choose.  Kali ini Breaktime spesial hadir untuk mengenalkan Anda pada berbagai jenis yoga dan manfaatnya bagi tubuh sehingga bikin B’timers makin mantap untuk melakukannya. Let’s check this out:

Hatha

Berfungsi menurunkan stress
Berfungsi menurunkan stress

Ini merupakan jenis yoga yang paling ideal untuk dilakukan oleh seorang pemula. Jenis yoga yang mengajarkan teknik pernapasan ini memiliki tujuan untuk melatih kelenturan dan keseimbangan tubuh sehingga sangat bermanfaat untuk relaksasi. 

Bahkan, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nursing Research, wanita yang melakukan Hatha yoga selama 90 menit akan mengalami penurunan stress secara signifikan.

Vinyasa

berfungsi menurunkan berat badan
berfungsi menurunkan berat badan

Nah, kalau B’timers punya masalah dengan kelebihan berat badan, jenis yoga Vinyasa paling cocok untuk dilakukan. Vinyasa akan memaksa Anda untuk aktif melakukan berbagai gerakan sehingga efektif untuk membakar lemak berlebih pada tubuh.

Tak main-main, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, Vinyasa mampu membakar 7 kalori dalam setiap menitnya, lho!

Iyengar

berfungsi menyembuhkan sakit leher
berfungsi menyembuhkan sakit leher

Kalau selama ini Anda sering mengeluhkan rasa nyeri pada bagian punggung ataupun leher akibat kelamaan duduk di depan layar monitor,  yoga Iyengar sangat cocok untuk dilakukan. Berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Clinical Journal of Pain, Iyengar mampu memperbaiki sakit kronis pada leher.

Bikram

Berfungsi melatih kelenturan tubuh
Berfungsi melatih kelenturan tubuh

Kalau Anda berharap memiliki tubuh dengan gerak lebih fleksibel, bersiaplah untuk masuk ke kelas Bikram yoga. Jenis yoga ini biasanya dilakukan di studio bersuhu 40ᵒC tubuh Anda akan diminta untuk melakukan 26 gerakan dalam waktu 90 menit.

Tak hanya melatih kelenturan tubuh, adanya keringat B’timers dan energi B’timers yang ikut keluar karena suhu dan gerakan Bikram yoga juga dapat menjadi sarana yang efektif untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Gerakan Yoga Yang Cocok Untuk Lansia

Sudahkah B’timers menemukan jenis yoga yang paling cocok untuk dilakukan? Nah, jangan lupa pula untuk bergabung dalam event yoga massal “Ayo Sehat Indonesiaku!” yang digelar 17 Mei 2015 mendatang dengan mendaftarkan diri di https://axa.co.id/ingatsehat/ayosehatindonesiaku.

Share This Article