Menakjubkan, Ini 9 Manfaat Besar Hobi Menari! | Breaktime
Menakjubkan, Ini 9 Manfaat Besar Hobi Menari!
26.06.2016

Menari adalah hal yang paling menyenangkan dilakukan di waktu luang. Apalagi sambil melihat Music Vodeo penyanyi K-pop dan menirukan setiap gerakannya. Namun, selain sekedar bersenang-senang, manfaat hobi menari ternyata sangat besar, baik untuk anak muda maupun orang dewasa seperti berikut ini:

Meningkatkan daya ingat

Studi dalam The New England Journal of Medicine mengatakan, menari dapat meningkatkan memori dan mencegah kemungkinan demensia saat usia bertambah. Latihan aerobik dapat mengembalikan kehilangan volume dalam hippocampus yaitu bagian dari otak yang mengontrol memori.

Meningkatkan fleksibilitas

Karena menari membutuhkan banyak gerakan, itu akan membuat tubuh Anda terlatih termasuk dalam hal kelenturan atau fleksibilitas.

Menakjubkan, Ini 9 Manfaat Besar Hobi Menari! | Breaktime
Menarik membuat Anda lebih mudah bergerak

Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat keren menari selanjutnya adalah menghindarkan Anda dari kemungkinan terserang cardiovascular disease. Penelitian di Italia menemukan, orang dengan gagal jantung yang melakukan tari waltzing dapat meningkatkan kesehatan jantung, pernapasan dan kualitas hidup secara signifikan dibandingkan sekedar bersepeda dan berjalan di treadmill.

Mengurangi stres

Studi yang terbit dalam Journal of Applied Gerontology, peneliti menemukan bahwa tari berpasangan dengan iringan musik seperti tari tango dan salsa dapat membantu membawa bantuan stres.

Menakjubkan, Ini 9 Manfaat Besar Hobi Menari! | Breaktime
Tango baik untuk mengurangi stres

Mengurangi risiko depresi

Penelitian juga mengungkap bahwa salah satu manfaat hobi menari adalah mencegah depresi. Menari dapat meningkatkan semangat dalam menjalani hidup dan membuat Anda tidak mudah menyerah.

Menurunkan berat badan

Ini yang paling disukai anak muda, banyak bergerak karena menari akan membantu mempercepat pembakaran kalori dan sehingga cepat menurunkan berat badan.

Menakjubkan, Ini 9 Manfaat Besar Hobi Menari! | Breaktime
Tentu saja juga menurunkan berat badan!

Memperbaiki keseimbangan tubuh

Menurut sebuah studi dalam Journal of Aging and Physical Activity menunjukkan bahwa tari tango dapat meningkatkan keseimbangan pada orang dewasa. Menari membutuhkan banyak gerakan cepat dan postur yang baik, sehingga sering menari akan membantu keseimbangan Anda lebih stabil.

Menambah energi

Penelitian yang terbit di The Scholarly Publishing and Academic Resources Coalitionmenyebutkan bahwa menari dapat meningkatkan kinerja fisik dan meningkatkan tingkat energi untuk orang dewasa dan juga anak muda.

Menambah banyak teman

Manfaat hobi menari selanjutnya adalah menemukan banyak teman! Kelas tari adalah cara terbaik untuk mendapatkan teman baru. Bertemu dengan orang-orang dengan hobi yang sama tentu akan membuat hidup Anda lebih menyenangkan sehingga kemungkinan terhindar dari stres dan depresi jadi lebih besar. Wah, keren ya, B’timers! (nap)

Share This Article