Memilih Sepatu Lari Pun Ada Aturannya! | Breaktime
Memilih Sepatu Lari Pun Ada Aturannya!
12.12.2016

Bagi seorang atlet lari, sepatu lari adalah partner yang tidak tergantikan, dan sebagai partner, sepatu lari tersebut harus memiliki kriteria-kriteria yang dibutuhkan agar atlet pelari cepat dapat melesat tanpa harus khawatir mencedarai kakinya. Dan walaupun Anda bukanlah seorang atlet olahraga, sangatlah penting bagi Anda untuk memilih jenis sepatu lari yang tepat yang mampu melindungi kaki ketika Anda melakukan olahraga lari.

Desain dan corak sepatu hanyalah sebagian kecil dari hal-hal penting yang harus Anda ketahui dalam memilih jenis sepatu lari. Ada beberapa hal lain yang sangat penting namun sering terlewat dan cenderung diremehkan oleh pelaku lari. Berikut adalah 3 kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan dalam memilih sepatu lari.

Kesalahan pertama adalah Anda melupakan fakta bahwa kaki manusia mengembang di saat siang hari sehingga membuat ukuran kaki menjadi lebih besar dan mencapai 5-7% dari ukuran kaki asli. Sehingga tidak jarang ukuran sepatu Anda menjadi terlalu besar di kala pagi dan sore hari dan terasa sangat sempit di siang hari.

Untuk mengetahui apakah sepatu yang Anda pilih memiliki ukuran yang pas, pastikan bahwa terdapat jarak selebar ibu jari antara jari kaki terpanjang dengan ujung dari sepatu. Jika Anda memiliki cukup ruang bagi kaki Anda untuk bergerak, maka ukuran sepatu tersebut adalah ukuran yang tepat bagi Anda

Memilih Sepatu Lari Pun Ada Aturannya! | Breaktime
Sepatu lari haruslah memiliki bobot yang ringan!

Ada kalanya Anda tergoda untuk membeli sepatu lari model baru yang beredar di pasaran, yang konon diberikan embel-embel bahwa sepatu tersebut dilengkapi dengan penelitian teknologi terkini. Seberapa menggoda iklan yang diluncurkan oleh perusahaan sepatu tersebut, perlu dicatat bahwa kaki Anda belum tentu mampu beradaptasi dengan produk mutakhir tersebut dan alih-alih Anda justru memiliki resiko terkena cedera jika memaksakan diri untuk mengenakan sepatu baru tersebut. Apabila Anda memiliki sepatu lari yang pas dengan ukuran kaki dan nyaman untuk digunakan, sebaiknya Anda tetap menggunakan sepatu tersebut atau mencari sepatu lain dengan kriteria yang sama.

Kesalahan umum yang lain adalah, Anda menggunakan sepatu yang didesain khusus untuk berjalan atau sepatu basket saat Anda berolahraga lari. Hal tersebut tentu tidak tepat, karena sepatu jalan dan sepatu basket memiliki desain serta fungsi yang berbeda. Sepatu jalan memiliki bantalan yang tidak cukup kokoh untuk menahan efek benturan saat kaki Anda menyentuh tanah ketika Anda berlari, dan sepatu basket? Well, sepatu basket memiliki bobot yang lebih berat yang membuat kaki Anda menjadi terasa berat.

Jadi, sebelum membeli sepatu lari pastikan bahwa Anda memperhatikan desain serta kriteria sepatu yang Anda butuhkan ya, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE