Melayang di Udara dengan Anti Gravity Yoga | Breaktime
Melayang di Udara dengan Anti Gravity Yoga
16.05.2015

Jika B’timers mulai bosan melakukan gerakan yoga yang hanya berupa duduk di atas matras, cobalah anti gravity yoga! Dengan variasi yoga ini, Anda bisa ‘terbang’ dan berayun di udara melawan gravitasi dengan menggunakan kain yang biasanya disebut dengan hammock. 

Tenang saja ya, hammock yang terbuat dari kasin sutra halus ini ini cukup aman karena bisa menampung berat hingga 600 kg seperti yang terungkap dari sebuah penelitian di New York pada tahun 2007 silam. 

Anti gravity yoga yang juga sering disebut sebagai aerial yoga, diciptakan oleh seorang pesenam bernama Cristopher Harrison pada tahun 1991 di New York, Amerika Serikat. Gerakan yang terdapat dalam jenis yoga ini merupakan kombinasi antara meditasi, pilates, gymnastik, akrobat, dan juga tarian.

Anti gravity yoga menggunakan hammock sebagai alat utamanya
Anti gravity yoga menggunakan hammock sebagai alat utamanya

Seperti halnya yoga yang lain, jenis yoga satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Misalnya saja, menyempurnakan bentuk tulang punggung, membentuk otot, membuat tubuh jadi lebih lentur, meningkatkan metabolisme, melancarkan peredaran darah, serta memperbaiki struktur tulang. 

Bagi B’timers yang masih pemula dan ingin mencoba anti gravity yoga, ada 2 gerakan yang bisa dilakukan yaitu womb dan sun salutations. Gerakan pertama bermanfaat untuk memperbaiki pernapasan, melemaskan tubuh terutama tangan dan dada, serta untuk menenangkan diri. Sedangkan sun salutations baik untuk memperkuat tulang kaki dan juga leher.

Sebelum mencoba jenis yoga satu ini, pastikan Anda sudah melakukan pemanasan ya, B’timers! Jangan lupa juga untuk berlatih di bawah bimbingan instruktur yang berpengalaman.

Share This Article