Melakukan Perjalanan Bisnis? Jangan Lupakan Ini! | Breaktime
Melakukan Perjalanan Bisnis? Jangan Lupakan Ini!
27.01.2016

Pekerjaan Anda mengharuskan sering melakukan kunjungan ke tempat lain, B’timers? Wow, sepertinya merupakan impian banyak orang, ya, mendapat tugas dari kantor untuk mengikuti seminar penting di kota lain, apalagi ke negara lain.

Well, meskipun termasuk perjalanan dinas, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal penting, lho. Ini perlu, agar perjalanan nyaman dan Anda menikmatinya. Karena terkadang saat mendapatkan kesempatan itu, justru kita kurang persiapan. Sehingga ketika tiba di tempat tujuan, kita pun tidak bisa menikmati perjalanan tersebut. Lalu, apa saja yang harus dilakukan?

1.Adaptasi

Jangan pernah pergi ke tempat baru dengan sikap “my way is the only way”. Beradaptasilah dengan kebudayaan lain. Apalagi saat bertemu klien, berusahalah untuk menyesuaikan diri dengan budaya mereka. Dengan demikian Anda dapat menciptakan peluang, bahkan kesuksesan di sana. Dan ingat, pikirkan dahulu sebelum Anda berbicara. Sebab perbedaan bahasa seringkali menimbulkan misunderstanding.

Melakukan Perjalanan Bisnis? Jangan Lupakan Ini! | Breaktime
Saat meeting dengan klien jaga etika dengan baik

2.Lihat, dengarkan dan pelajari

Berangkatlah dengan pikiran terbuka. Perhatikan juga kebiasaan orang di setiap tempat yang akan Anda kunjungi. Di beberapa negara, keheningan membuat situasi menjadi sangat tidak nyaman. Perhatikan juga cara komunikasi non verbal mereka. Misalnya, bahasa tubuh dan ekspresi wajah.

3.Put relationships first

Di negara tertentu, khususnya negara-negara Barat dan Eropa, orang menganggap bisnis sebagai prioritas utama. Sementara di Asia, mereka lebih mengutamakan hubungan. Anda bisa saja diundang minum teh oleh seorang klien di Jepang. Atau dibuatkan agenda khusus untuk berkeliling kota diikuti makan siang sebelum mendiskusikan masalah bisnis. Kebanyakan bisnis internasional dibangun di atas kepercayaan dan rasa hormat.

4.Lakukan observasi

Ketika melakukan perjalanan bisnis, perhatikan bagaimana orang bertindak, berpakaian, dan memperlakukan orang lain. Jika dapat menginterpretasikan situasi dengan baik, Anda dapat meningkatkan kemampuan untuk masuk ke dalam situasi di sana. Apabila ada yang tidak Anda pahami, lebih baik tanyakan. Itu akan jauh lebih baik daripada berasumsi sendiri.

Melakukan Perjalanan Bisnis? Jangan Lupakan Ini! | Breaktime
Tunjukkan Anda merupakan orang yang terbuka

5.Hargai perbedaan

Dan jangan pernah membandingkan standar hidup setiap negara dengan negara asal Anda, B’timers. Apalagi sampai mengeluarkan komentar negatif, sekalipun saat tidak ada yang mendengarkan Anda. Hal ini hanya akan membuat citra Anda buruk.

Yang paling penting, sebelum Anda melakukan perjalanan bisnis, pelajari bahasa negara yang akan dituju. Well, mungkin di banyak tempat, bahasa Inggris menjadi bahasa pertama, tidak ada salahnya jika Anda belajar beberapa kalimat dalam bahasa negara tersebut. Ini bisa sangat berguna, apalagi jika Anda memiliki waktu kosong setelah meeting untuk berpetualang sendiri di kota, betul, B’timers? (NO)

Share This Article