Mau Tetap Langsing? Nge-Gym di Kantor Aja! | Breaktime
Mau Tetap Langsing? Nge-Gym di Kantor Aja!
16.09.2015

Tak lagi punya waktu untuk nge-gym karena sering pulang larut malam atau jarang olahraga pagi karena harus buru-buru ke kantor? Well, ini bisa jadi masalah besar, terlebih lagi bagi B’timers yang doyan mengonsumsi makanan berlemak. Tapi tenang saja, Anda tetap bisa kok, menjaga bentuk tubuh tanpa perlu jauh-jauh ke tempat fitness. Cukup berdiri di balik meja kantor dan lakukan gerakan-gerakan berikut ini:

Chair squat

Menguatkan sendi lutut dan otot perut
Menguatkan sendi lutut dan otot perut

Ini adalah gerakan simple yang bisa membantu menjaga kekuatan sendi lutut dan mengencangkan otot perut. Bangkitlah dari tempat duduk Anda dan regangkan bahu. Mulailah dengan berjinjit kemudian secara perlahan turunkan pantat seperti akan duduk. Tahan posisi pantat sekitar 2,5 cm dari permukaan kursi. Jaga posisi punggung agar tetap lurus dan tahan posisi ini selama 10 menit. Setelah itu, kembali berdiri dengan posisi sempurna dengan mengangkat pantat secara perlahan.

Desk press

Menghindari tumpukan lemak di area lengan
Menghindari tumpukan lemak di area lengan

Khawatir dengan lengan yang menggelambir? Cobalah melakukan posisi ini. Berdirilah di belakang meja, kemudian letakkan telapak tangan di atas meja dan luruskan kaki ke arah belakang. Dalam posisi ini, lakukan gerakan berjalan di tempat sampai 10 kali. Jika memungkinkan, lanjutkan dengan push up 5 kali.

Air plane pose

Memperkuat otot bagian tengah punggung
Memperkuat otot bagian tengah punggung

Latihan satu ini dapat memperkuat otot harmstring serta bagian tengah punggung. Mulailah dengan berdiri tegak kurang lebih 1 meter di depan dinding, kemudian condongkan kepala dan bahu Anda ke depan. Gunakan kaki kiri sebagai penopang tubuh dan tempelkan telapak kaki kanan di dinding.

Rentangkan kedua tangan Anda secara perlahan untuk mencapai keseimbangan yang sempurna. Selain itu, upayakan bagian dada Anda pararel dengan lantai. Tahan posisi ini selama 3 detik dan kembalilah pada posisi berdiri tegak. Kemudian, ulangi gerakan ini dengan berganti posisi kaki.

Victory position

Menjaga postur tubuh tetap tegap
Menjaga postur tubuh tetap tegap

Keseringan duduk ternyata bisa mengganggu postur tubuh Anda. Oleh karena itu, jaga ketegapan tubuh dengan duduk dalam posisi tegap hingga tulang belakang tertarik dengan sempurna dan tarik napas dalam-dalam. Tahan posisi ini selama beberapa detik, kemudian condongkan badan ke depan. Rentangkan ke dua tangan Anda, angkat, kemudian luruskan di atas kepala.

Nah, gerakan-gerakan sederhana tersebut bisa membantu melatih otot Anda sehingga tubuh tetap padat dan ideal. Cobalah lakukan secara rutin dan tingkatkan intensitasnya jika Anda mulai terbiasa. Let’s workout, B’timers!

Share This Article