Mangkir Fitness Karena Puasa? No Way! | Breaktime
Mangkir Fitness Karena Puasa? No Way!
18.06.2015

Masuk bulan puasa, sebagian orang memilih untuk menghindari fitness karena takut kehabisan energi. Nah, apakah B’timers juga salah satunya? Well, asal tahu triknya Anda bisa kok tetap fitness di bulan puasa tanpa harus kehabisan tenaga. Berikut trik fitness di bulan Ramadhan yang wajib Anda tahu:

Atur ulang tujuan fitness

Bila sebelumnya Anda bertujuan fitness untuk menurunkan berat badan, di bulan puasa ini Anda cukup menargetkan fitness untuk mempertahankan kebugaran dan mencegah kemunduran dari hasil latihan. Dengan begitu, bobot beban fitness Anda tak akan terlalu seberat dulu dan kebugaran tubuh pun tak perlu mengalami penurunan.
Kurangi intensitas latihan

Atur jadwal fitness dan durasinya agar tak kelelahan
Atur jadwal fitness dan durasinya agar tak kelelahan

Mengurangi intensitas latihan fitness tak sama dengan berhenti fitness total, ya. Anda bisa mengatur jadwal fitness di sore hari sekitar pukul 16.30 hingga menjelang berbuka kemudian berhenti melakukannya usai berbuka puasa. Meski durasi fitness tak selama biasanya, langkah ini berguna untuk menjaga konsistensi Anda mempertahankan tingkat kebugaran.

Gabungkan latihan kardio dan resistensi

Bangun bentuk otot Anda dengan meningkatkan daya tahan kardiovaskuler dalam satu latihan. Rangkaian latihan tediri dri 3 hingga 6 latihan yang dilakukan secara cepat tanpa henti. Anda bisa memulainya dengan 10-15 pushup, 10-15 squat, 1 menit jumping jacks (jalan di tempat), 10-15 bench dips, 10-15 lunges, dan 1 menit jogging di tempat.

Pilih menu sahur dengan tepat

Makanan tepat akan menjadi kunci bagi Anda untuk lebih bersemangat melakukan fitness tanpa perlu takut energi “habis”. Pilihlah menu sahur dengan kombinasi seimbang seperti nasi, sayuran, buah, susu, dan air putih. Selain itu, usahakan untuk makan sahur tidak terlalu awal, yakni beberapa menit menjelang imsak agar energi Anda dapat bertahan lebih lama.

Kini B’timers pun tetap bisa menjalankan konsistensi latihan fitness di bulan puasa tanpa perlu mengalami kemunduran olahraga dan kebugaran tubuh, bukan?

Share This Article