Manfaat Yoga Untuk Orang Depresi, Sudah Tahu? | Breaktime
Manfaat Yoga Untuk Orang Depresi, Sudah Tahu?
20.09.2017

Olahraga yoga adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh generasi millenial. Selain bisa dilakukan practically dimana saja, manfaat yoga pun tak terhitung banyaknya. Misalnya, untuk Anda yang ingin turun berat badan yoga bisa membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Alhasil pembakaran lemak membandel di dalam tubuh pun jadi makin lancar. Yoga juga bermanfaat untuk ibu hamil, lho! Olahraga ini bisa membantu memperkuat otot rahim sekaligus meredakan mood swing. Ibu hamil tak hanya bisa memiliki usia kehamilan yang sehat, proses persalinan kelak pun akan berlangsung lancar. So awesome, right?

Selain itu, ternyata manfaat yoga juga bisa dirasakan oleh B’Timers yang saat ini sedang struggling dengan depresi. Depresi adalah suatu kondisi gangguan medis yang sangat serius dan akan berdampak negatif tidak hanya pada kondisi psikis Anda saja tapi juga kesehatan fisik. Banyak orang masih belum bisa membedakan seseorang yang benar-benar terkena depresi dengan orang yang sedang berduka. Sehingga seringkali, ketika Anda meminta bantuan dan support, yang mereka dapatkan hanyalah perkataan seperti, “Ah, jangan manja!”, atau “jangan sedih terus-terusan, ah!”.  Feeling relatable?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Beberapa Kesalahan Umum Fitness untuk Pemula

Padahal, depresi dan perasaan duka adalah 2 hal yang berbeda. Menurut Asosiasi Psikiater America (American Pyschiatric Association), perbedaan yang paling mendasar adalah penderita depresi selalu diliputi oleh rasa rendah diri akut sehingga menganggap dirinya tidak berharga dan dihantui perasaan bersalah. Dalam kasus depresi akut, penderita depresi sering berpikiran untuk bunuh diri. B’Timers baru akan terdiagnosa menderita depresi jika gejala-gejala tersebut berlangsung selama minimal 2 minggu. Depresi bukanlah penyakit yang langka, sebanyak 1 dari 15 orang dewasa dapat terjangkit depresi tiap tahunnya. Sedangkan sebanyak 1 dari 6 orang diestimasi menderita depresi paling tidak sekali dalam hidupnya. 

Manfaat Yoga Untuk Orang Depresi, Sudah Tahu? | Breaktime
manfaat yoga bisa bantu lawan depresi, lho

Penyebab dari depresi bermacam-macam. Orang-orang dengan tingkat kepercayaan diri rendah dan berkepribadian pesimis, dan pengaruh lingkungan berperan terhadap munculnya depresi. Depresi juga bisa disebabkan oleh suatu kondisi medis, seperti ketidakseimbangan unsur biochemistry di dalam otak. Depresi juga bisa diturunkan melalui genetik, lho. Jika ada anggota keluarga Anda yang juga pernah mengalami depresi, maka kemungkinan Anda terkena depresi pun akan meningkat sebanyak 70%.

Fortunately, depresi bisa diobati. Penderita depresi tingkat sedang bisa disembuhkan dengan bantuan psikoterapi, sedangkan penderita depresi kelas berat umumnya akan menerima sejumlah anti-depressant untuk membantu mengontrol unsur kimiawi di otak. Tapi bergantung sepenuhnya dengan obat-obat tersebut tidak baik, B’Timers! Anda tetap wajib menyertai pengobatan tersebut dengan aktivitas olahraga, salah satunya adalah yoga ini. How does yoga help?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Serba-serbi Diet Air Putih

Well, yoga bisa membantu meningkatkan produksi salah satu happy hormones yaitu hormon serotonin. Apalagi, orang depresi diketahui memiliki kadar hormon serotonin yang rendah. Jadi jangan heran jika banyak yogis yang dulu sempat menderita depresi yang mengatakan bahwa sejak mereka melakukan yoga, mereka jadi lebih rileks dan mood mereka pun jadi lebih baik. Yoga juga mengajarkan Anda untuk mengatur pernapasan sehingga pasokan oksigen yang diterima tubuh pun tercukupi. Alhasil tubuh Anda pun akan terasa lebih segar, berenergi, dan tingkat konsentrasi Anda pun meningkat.

Lalu pose yoga atau asana apa yang sebaiknya Anda praktekkan? Check these out:

  • Sukhasana: Pose ini bisa dilakukan dengan duduk bersila dan bernapas dalam-dalam. Pose Sukhasana ini bisa membantu memaksimalkan oksigen yang masuk ke tubuh dan meningkatkan sistem metabolisme. Selain itu, pose ini juga bisa membantu untuk mengontrol temperamen Anda dan memungkinkan pikiran Anda untuk tetap fokus.
  • Savasana (Corpse Pose) : ambillah pose berbaring santai dengan kedua kaki terpisah. Posisi tangan harus berada di sisi tubuh, dan pejamkan mata Anda. Lepaskan seluruh pikiran negatif, rasa cemas, dan perasaan negatif lainnya. Lakukan selama 3-5 menit
  • Mountain Pose (Parvatasana): Bungkukkan tubuh bagian atas Anda dengan kedua telapak tangan menyentuh lantai dan berada di depan kepala, hingga tubuh Anda membentuk huruf V terbalik. Pose ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan awareness dengan melancarkan sirkulasi darah ke otak.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bocor, Ini Rahasia Langsing Kim Kardashian!

Selamat merasakan manfaat yoga.  Dan jangan lupa, jadikan 3P sebagai prinsip hidup yaitu: Positive Attitude, Positive People, dan Positive Energy (dkp) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE