Manfaat Tersembunyi Olahraga Yoga untuk Jantung | Breaktime
Manfaat Tersembunyi Olahraga Yoga untuk Jantung
08.05.2015

Tahukah Anda, B’timers? Sebenarnya, yoga sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan terdiri dari gerakan-gerakan yang fokus pada keseimbangan serta kontrol pernapasan. Secara umum, yoga bermanfaat untuk menyeimbangkan tubuh dan pikiran sehingga Anda akan merasa lebih sehat. Tapi ternyata tak cuma berhenti di situ saja, yoga juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Dengan melakukan gerakan yoga secara benar, dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, yoga juga dapat menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat sekaligus meningkatkan HDL atau kolesterol baik pada tubuh. Semua itu merupakan faktor yang dapat membantu mengurangi resiko serangan penyakit jantung.

Selain itu, berlatih gerakan yoga sama dengan melakukan latihan aerobik, lho. Anda bisa mendapat manfaat kardiologi yang sama seperti pada aerobik jika Anda melakukan gerakan yoga. Keduanya sama-sama bermanfaat secara efektif untuk kesehatan jantung. Kok bisa, ya? Karena, yoga memadukan tiga hal, yaitu postur atau gerakan yang berbeda, pernapasan, dan meditasi. Dengan gerakan yoga yang dapat membantu mengoptimalkan pemrosesan gula darah, otot juga memperoleh manfaatnya. Hal inilah yang membuat yoga bisa memberikan hasil serupa dengan aerobik.

Melakukan gerakan yoga sama dengan berlatih aerobik, baik untuk jantung.
Melakukan gerakan yoga sama dengan berlatih aerobik, baik untuk jantung.

Terlebih lagi, dengan berlatih pernapasan dan meditasi lewat yoga, bisa membantu tubuh merespon stress dengan lebih baik. Tekanan darah yang menurun juga akan menurunkan denyut jantung dan laju pernapasan, sehingga hormon stress akan ikut menurun. Selain itu, yoga membantu meningkatkan metabolisme serta mengurangi peradangan.

Nah, bagi Anda yang tak suka berlari di treadmill gym atau segala macam olahraga kardio lainnya, yoga bisa jadi alternatif yang pas untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Menjaga berat badan serta berlatih yoga secara rutin merupakan sebuah langkah untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Jadi, tunggu apa lagi? Do some yoga dan sehatkan jantung B’timers!

Share This Article