Manfaat Tersembunyi dari Orange Peel | BREAKTIME
Manfaat Tersembunyi dari Orange Peel
07.03.2015

Tak banyak orang yang mengetahui bahwa kulit jeruk memiliki banyak manfaat dalam hal kesehatan. Jangankan mengetahui manfaatnya , jumlah orang yang mengonsumsinya pun masih jarang. Kali ini, Breaktime akan mengangkat kehebatan kulit jeruk yang layak Anda ketahui:

Menurunkan berat badan

Tidak hanya buahnya saja yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan karena mengandung fiber, kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk diet karena kaya akan serat. Selain itu, kulit jeruk mengandung sedikit sekali kalori, cocok untuk dijadikan campuran bahan makanan bagi para dieters kan?

Mengatasi masalah bau mulut

Jika memiliki masalah bau mulut, B’timers bisa mengunyah sedikit saja kulit jeruk. Hal ini lebih baik daripada mengunyah permen karet yang tinggi kandungan gula dan pengawet. Aroma kuat pada kulit jeruk akan membantu menetralisir bau tidak sedap di dalam mulut. Selain itu, orange peel juga bisa membantu memutihkan gigi secara alami. Tinggal gosokkan pada gigi secara rutin, dan Anda akan terkejut dengan hasilnya!

Pencegah kanker

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Sanjay Awasthi, M.D., professor pada Division of Molecular Diabetes Research at City of Hop dan Sharad Singhal, Ph.D., profesor pada Department of Diabetes and Metabolic Diseases Research, menunjukkan bahwa mengonsumsi kulit jeruk bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena kulit jeruk mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga akan melawan berbagai serangan kanker dari lingkungan sekitar atau bahkan makanan yang B’timers konsumsi.

Meningkatkan kesehatan jantung 

Kandungan yang terdapat pada kulit jeruk berupa polymethoxylated flavones (PMFs) akan menurunkan risiko serangan penyakit jantung. Selain itu, kandungan ini juga bisa menurunkan tekanan lemak jahat LDL (Low Density Lipoprotein) yang bisa menyebabkan kolesterol dalam tubuh meningkat. 

Bagi B’timers yang tidak menyukai rasa pahit dari  kulit jeruk, bisa mengolahnya dengan bahan lain sebagai salad. Orange peel ini juga cocok dicampurkan ke dalam cake atau adonan roti untuk memberikan aroma dan rasa khas yang menggoyang lidah. Cobalah! 

Share This Article