Manfaat Mengejutkan Olahraga Rutin di Malam Hari | Breaktime
Manfaat Mengejutkan Olahraga Rutin di Malam Hari
25.04.2016

Kapan biasanya Anda berolahraga, B’timers? Di pagi hari sebelum berangkat beraktifitas atau hanya beberapa hari sekali dalam seminggu, itu sama sekali tidak masalah. Banyak orang yang lebih memilih untuk berolahraga di pagi hari, karena dapat meningkatkan semangat saat bekerja. Padahal olahraga malam memiliki manfaat yang cukup banyak bagi tubuh, lho. Dan berikut manfaat olahraga rutin di malam hari, B’timers!

Otot yang lebih baik

Sebuah studi pada 2013 menganalisa perbedaan kinerja otot antara olahraga pagi dengan olahraga malam. Mereka menemukan, seseorang yang berolahraga malam memiliki waktu lebih tinggi dalam meningkatkan kapasitas anaerobik dibanding yang olahraga di pagi hari. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan berolahraga malam, Anda akan memiliki kekuatan otot yang lebih baik, B’timers.

Manfaat Mengejutkan Olahraga Rutin di Malam Hari | Breaktime
Olahraga sambil mengajak peliharaan jalan-jalan? Hmm, boleh juga!

Lebih banyak energi

Dengan otot yang lebih kuat, berarti Anda juga memiliki lebih banyak energi untuk melakukan latihan fisik. Olahraga pagi bisa saja menjadi hal yang baik untuk sebagian orang. Tetapi bayangkan jika rasa kantuk masih melekat dan dipaksakan untuk melakukan latihan fisik, tentu tidak akan ada hasil maksimal yang akan didapatkan tubuh Anda, bukan, B’timers?

Tidur lebih baik

Alasan umum untuk tidak berolahraga di malam hari adalah karena banyak yang menganggap hal tersebut dapat mengganggu kualitas tidur. Hmm, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena menurut studi yang dilakukan pada 2015, salah satu dari manfaat olahraga rutin di malam hari ternyata dapat membuat Anda mendapatkan tidur yang lebih baik, B’timers.

Manfaat Mengejutkan Olahraga Rutin di Malam Hari | Breaktime
Ingin tidur lebih baik? Berolahragalah!

Dapat melepaskan stres

Olahraga juga merupakan salah satu cara paling baik dan sehat dalam melepaskan stres kita, lho. Setelah melalui hari yang panjang dengan kesibukan yang padat, olahraga di malam hari dapat menjadi ide yang bagus untuk bersantai. Hormon endorphin yang dilepaskan tubuh saat Anda berolahraga, selain dapat membuat tubuh lebih segar, juga dapat meningkatkan mood.

Baik untuk metabolisme

Para ilmuwan dari University of Chicago menemukan mereka yang berolahraga di sore atau malam hari memiliki keunggulan metabolik. Latihan fisik pada malam hari akan menurunkan kadar glukosa darah dibanding dengan latihan fisik yang dilakukan pagi hari, B’timers. Karena itu disimpulkan, orang yang berolahraga di malam hari memiliki adaptasi metabolik yang lebih menguntungkan bagi tubuh.

Manfaat Mengejutkan Olahraga Rutin di Malam Hari | Breaktime
And, there is only you and your track!

Apapun manfaat olahraga rutin di malam hari, sebenarnya tidak menjadi masalah Anda melakukan latihan fisik kapanpun, kok. Yang terpenting adalah lakukan olahraga secara rutin. Dan jangan terlalu memaksa tubuh, ya, B’timers? (NO) 

Share This Article