Manfaat Makanan Berwarna Buat yang Ingin Sehat | Breaktime
Manfaat Makanan Berwarna Buat yang Ingin Sehat
22.08.2016

Tahukah B’timers? Warna setiap makanan yang berbeda juga memberikan nutrisi yang berbeda, serta bermanfaat bagi tubuh Anda. Nah, karena itulah, kunci hidup sehat adalah menaruh “pelangi” pada piring Anda. Bagaimana caranya? Dengan ragam manfaat makanan berwarna ini, tak hanya tampilan sajian yang cantik, namun tubuh juga akan jadi sehat.

Oranye atau kuning

Makanan dengan warna ini kaya kandungan antioksidan seperti vitamin A dan C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsi jeruk, melon, mangga, labu, wortel, ubi jalar, pepaya, nanas, serta lemon.

Biru atau ungu

Makanan ini banyak mengandung phytonutrient yang dikenal sebagai anthocyanin, bisa membantu meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko terkena penyakit. Terung, anggur, ubi ungu, buah plun, kismis, blackberry, blueberry adalah pilihan yang bisa Anda konsumsi.

Baca juga : SALAD CAKES, KUE DARI SAYURAN YANG MENGGODA

Hijau

Makanan hijau mengandug klorofil dan tinggi kandungan nutrisi penting, seperti folat dan karotenoid yang membantu memperbaiki penglihatan dan mengurangi risiko penyakit. Anda bisa coba konsumsi bayam, brokoli, asparagus, bok choy, kangkung, kiwi, melon dan stroberi.

Manfaat Makanan Berwarna Buat yang Ingin Sehat  | Breaktime
berbagai warna menarik dan tentunya menyehatkan

Merah

Banyak kandungan lycopene dan anthocyanins pada makanan ini. Manfaat makanan berwarna ini adalah menjaga kesehatan jantung. Anda bisa mengonsumsi tomat, apel, stroberi, raspberry, buah ceri, semangka, delima dan bawang merah.

Putih

Makanan putih kaya kandungan nutrisi seperti alicin yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga mengurangi risiko penyakit. Coba perbanyak konsumsi kembang kol, kentang, pisang, wortel, bengkuang, jamur dan bawang putih.

Dengan beragam manfaat makanan berwarna tadi, sajian piring Anda akan jadi semakin menarik karena tampilan yang warna-warni. Momen bersantap bersama seluruh keluarga pun jadi lebih asyik dan seru. Sekaligus, B’timers bisa mendapatkan limpahan nutrisi dari makanan sehat yang bisa jadi bahan bakar tubuh Anda. (md)

Share This Article