Manakah Jenis Apel yang Lebih Cocok untuk Diet? | Breaktime
Manakah Jenis Apel yang Lebih Cocok untuk Diet?
26.05.2015

Meskipun dari jenis yang sama, apel merah dan hijau ternyata memiliki jumlah kandungan yang berbeda lho, B’timers. Banyak orang gemar menyantap apel merah karena rasanya yang manis dan juga memiliki tekstur yang lembut bila digigit. Sedangkan apel hijau memiliki rasa yang crunchy dan menyegarkan. Sebenarnya jika digunakan untuk menu diet, manakah yang lebih baik, apel merah atau hijau? 

Kedua jenis apel ini memiliki kandungan antioksidan dari jenis cyanidin dan epicatechin yang diperlukan oleh tubuh dalam menangkal berbagai radikal bebas dari lingkungan sekitar. Sedangkan untuk kandungan fruktosa di dalamnya, apel hijau memiliki jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan rivalnya. Hal tersebut bisa dilihat dari rasa apel hijau yang cenderung lebih masam. Karena jumlah fruktosa yang lebih sedikit, apel hijau lebih aman dikonsumsi penderita diabetes. 

Sedangkan untuk karbohidrat yang terkandung di dalamnya, United States Department of Agriculture (USDA) atau yang biasa disebut dengan Agriculture Department, menjelaskan bahwa dalam 120 gram apel hijau terdapat 14, 83 gram karbohidrat. Sedangkan dalam 120 gram apel merah terdapat 15, 33 gram karbohidrat. 

Apel hijau ternyata lebih baik untuk diet
Apel hijau ternyata lebih baik untuk diet

Melihat jumlah karbohidrat apel merah yang lebih besar, tentu saja apel hijau lebih baik dikonsumsi saat diet. Tapi pastikan B’timers menghindari campuran yang bisa menggagalkan diet sepeti gula dan juga mayones, ya!

Share This Article