Mana yang Lebih Seru, Treadmill atau Jogging? | Breaktime
Mana yang Lebih Seru dan Menantang, Treadmill atau Jogging?
04.11.2015

Apakah B’timers senang berolahraga secara rutin? Barangkali Anda menyukai kegiatan olahraga yang mengulang-ulang gerakan tangan, kaki dan pinggul, atau yang biasa disebut aerobik. Nah, Anda pasti sudah tak asing dengan istilah treadmill atau alat aerobik yang biasa digunakan di gym atau di rumah. Berlari menggunakan alat ini dan melakukan jogging di luar memang punya persamaan dan perbedaan.

Anda bebas memilih mana yang lebih disukai, sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Lalu apa bedanya lari di treadmill dengan jogging?

Pengaruhnya

Pengaruh atau efek dari berlarilah yang paling utama, terutama bagi orang yang mengalami nyeri punggung bagian bawah dan radang sendi atau arthritis. Berlari di treadmill atau jogging di luar ruangan sama-sama berdampak, namun efeknya terasa lebih sedikit pada treadmill. Namun efeknya takkan berbeda jauh jika Anda berjalan dan bukan berlari.

Penyesuaian

Treadmill sudah dilengkapi dengan fitur kecepatan dan penyesuaian untuk kemiringan, ini supaya kegiatan lari atau berjalan Anda jadi lebih menantang. Anda pun tinggal menekan tombol untuk menyetel treadmill. Jika Anda jogging di luar, Anda sendirilah yang mampu mengendalikan kecepatan Anda. Untuk menambah tantangan, Anda bisa berlari lebih kencang dan naik ke bukit.

Mana yang Lebih Seru, Treadmill atau Jogging? | Breaktime
Treadmill dan jogging sama-sama punya keseruan dan tantangan tersendiri

Efek angin

Angin juga sangat berpengaruh, lho, dan terasa sangat berbeda saat Anda berada dalam ruangan atau luar ruangan. Di dalam ruangan, tak ada angin sama sekali. Namun, saat berada di luar Anda akan diterpa angin yang berhembus. Ini membuat Anda harus lebih menantang diri sendiri jika ingin berolahraga, terutama berlari.

Perbedaan medan

Saat menggunakan treadmill, Anda akan dimudahkan dengan flat belt yang terus berputar dan menyesuakan ritme berlari Anda. Jika Anda lebih memilih jogging di luar ruangan, Anda harus menaklukkan medan berlari yang lebih menantang, seperti jalan yang dipenuhi batu atau jalan tanah yang tidak rata.

Itulah beberapa perbedaan dari berlari di treadmill dan jogging di luar ruangan. Masing-masing memang memiliki kelebihan dan kekurangan, B’timers bebas memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Manakah yang menurut Anda lebih menantang? (md)

Share This Article