Makin Langsing Setelah Puasa, Ini Caranya | Breaktime
Makin Langsing Setelah Puasa, Ini Caranya
30.06.2015

Berat badan bertambah saat puasa? Lemak menumpuk di mana-mana? Ini menjadi pertanda bahwa ada yang salah dengan pola makan Anda. Puasa seharusnya bisa membuat tubuh lebih ideal karena asupan makanan dibatasi. Namun, jika Anda merasa semakin gemuk, coba lakukan beberapa kiat berikut:

Kurangi gula

Biasakan meminum jus tanpa gula
Biasakan meminum jus tanpa gula

Saat puasa, tubuh sangat memerlukan cairan untuk menghindari dehidrasi. Asupan cairan ini dapat diperoleh dari air putih, air kelapa, dan buah-buahan segar. Buah dapat diolah menjadi jus, tapi ingat jangan tambahkan gula. Meskipun dapat mengisi energi yang hilang, kelebihan gula dapat meningkatkan berat badan. Saat sahur maupun berbuka sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan yang manis-manis.

Hindari makanan yang digoreng

Hindari makanan yang digoreng
Hindari makanan yang digoreng

Lemak sehat seperti yang terkandung dalam olive oil dan coconut oil sebenarnya baik untuk tubuh karena dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Namun, lain ceritanya jika yang dikonsumsi adalah minyak yang terdapat pada gorengan. Selain dapat meningkatkan berat badan karena lemak jahat yang menumpuk, terlalu banyak mengonsumsi gorengan dapat memicu timbulnya kanker.

Pola Makan Sehat

Perbanyak makan buah dan sayur
Perbanyak makan buah dan sayur

Siapa bilang puasa membuat Anda tak bisa mengatur pola makan? Saat puasa, B’timers mempunyai kesempatan lebih banyak untuk menurunkan berat badan, tapi dengan syarat atur pola makan. Perbanyak konsumsi buah, sayur, protein, dan karbohidrat kompleks. Mengonsumsi nasi merah, sereal, dan ubi selain dapat menjaga berat badan terkontrol, juga dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Dan yang terpenting jangan kalap saat waktu berbuka tiba. Kebanyakan orang tidak mengontrol makanan yang disantapnya ketika berbuka sebagai pelampiasan seharian berpuasa. Semoga puasanya tetap lancar ya, B’timers.

Share This Article