Makanan ini Menambah Berat Badan Secara Sehat | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Makanan Apa Saja yang Bisa Menambah Berat Badan Secara Sehat?
19.11.2015
“selamat malam, makanan apa yg bisa membuat tubuh cepat gemuk?”,

Edhy, Laki-laki, (23), Makassar

Penambahan berat badan tidak mungkin terwujud tanpa adanya asupan makanan. Makanan tinggi protein merupakan kunci penambahan berat badan. Makanan-makanan tersebut antara lain:

  • Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak, tinggi akan protein dan asam amino yang penting untuk penambahan massa otot.

  • Tuna dan salmon

Tuna kaya akan Omega-3. Omega-3 ini selain membantu peluruhan lemak, sangat baik untuk metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan.

  • Daging ayam tanpa kulit

Seperti halnya daging sapi, daging ayam tanpa kulit kaya akan protein yang baik untuk menambah massa otot.

  • Keju

Keju kaya akan  Kalsium, vitamin B12, dan senyawa pentin lainnya. Dan keju ini mengandung protein kasein murni yang sangat baik untuk pemeliharaan massa otot.

  • Telur

Telur kaya lemak, asam amino, dan protein untuk pembentukan massa otot.

Makanan ini Menambah Berat Badan Secara Sehat | Breaktime
Tambah porsi makan, namun jangan berlebihan

Konsumsi nutrisi-nutrisi tersebut memerlukan perhitungan kebutuhan kalori dan protein yang disesuaikan dengan kebutuhan kalori dan protein Anda dengan memperhatikan kebutuhan kalori, protein, usia, jenis kelamin, dan banyaknya aktifitas.

Untuk menambah berat badan, pastikan Anda tidak melewatkan jam makan. Perbanyak juga porsi makan dan selingi dengan camilan menyehatkan seperti kacang-kacangan, alpukat, jus, dan susu rendah lemak. Selain itu perlu diimbangi dengan olahraga yang teratur untuk perbaikan dan penambahan dari massa otot. Olahraga kardio bisa jadi pilihan yang tepat untuk memaksimalkan pembentukan massa otot.

Semoga bermanfaat.

Share This Article