Makan Porsi Besar Bikin Perut Melar, Benarkah? | Breaktime
Makan Porsi Besar Bikin Perut Melar, Benarkah?
06.06.2016

Berbuka puasa adalah saat yang paling ditunggu-tunggu saat berpuasa. Menahan lapar dan haus seharian bisa saja membuat Anda kalap saat berbuka kan, B’timers? Hayo, ngaku! Tapi, meski sedang lapar, apakah aman makan dalam porsi besar-besaran? Bukankah makan porsi besar bikin perut melar?

Makan porsi besar bikin perut buncit adalah fakta

Well, B’timers. Ini mungkin juga akan menjadi kabar buruk bagi Anda yang suka makan. Pasalnya, benar bahwa makan dalam porsi besar dapat mempengaruhi bentang atau lebarnya perut. Hal ini diungkapkan oleh Atif Iqbal, MD, seorang direktur medis dari Digestive Care Center at Orange Coast Memorial Medical Center.

Makan Porsi Besar Bikin Perut Melar, Benarkah? | Breaktime
Hindari kebiasaan makan besar agar perut tetap langsing

Ia mengatakan bahwa perut (terutama lambung) lama-kelamaan akan melebar karena terisi banyak makanan. Mudahnya, perut kadang sulit menerima makanan yang jumlahnya melebihi kapasitas. Apalagi, jika sebelumnya perut tidak melakukan aktivitas pencernaan sama sekali, karena puasa misalnya. Itu yang justru akan membuat perut B’timers jadi membesar dan membuktikan bahwa makan porsi besar bikin perut melar itu benar adanya.

Makan Porsi Besar Bikin Perut Melar, Benarkah? | Breaktime
Makanlah sedikit tapi sering

Kabar baiknya, jika perut Anda terlanjut buncit akibat sering makan dalam porsi besar, masih ada cara tepat untuk membantu mengembalikan perut datar Anda. Tentu saja, salah satunya adalah meninggalkan kebiasaan makan buruk tersebut.

Perut yang melar bisa dikembalikan ukuran bentangnya dengan mengurangi porsi makan dan memperhatikan apa yang Anda makan. Semakin berat makanan, semakin besar kemungkinan perut Anda jadi buncit. Jadi, mulailah makan sedikit porsi dalam intensitas yang sering. Namun, saat puasa, Anda bisa mengatur makanan dengan jeda 2 jam di malam hari dengan porsi kecil saja. Oh ya, perbanyak sayur, ya!

Mengurangi porsi makan memang membantu mengurangi melarnya perut Anda, B’timers. namun untuk memiliki perut yang datar atau rata, tentu saja Anda harus melakukan olahraga. Nah, karena makan porsi besar bikin perut melar, B’timers sudah tahu apa yang harus dilakukan, bukan? (nap)

Share This Article