Makan Kacang Bikin Panjang Umur. Kok Bisa? | BREAKTIME
Makan Kacang Bikin Panjang Umur. Kok Bisa?
13.04.2015
"No man in the world has more courage than the man who can stop after eating one peanut"

-Channing Pollock-

Camilan yang satu ini memang bikin siapapun yang menyantapnya tak bisa berhenti mengunyah. Apalagi kalau sambil nonton TV, wah satu toples bisa habis dimakan sendiri ya, B’timers! Tapi beruntung sekali Anda yang doyan makan kacang. Sebab, kacang tanah ternyata bisa memperpanjang usia Anda!

Ya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok pakar di Pennsylvania State University, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa kebiasaan makan kacang tanah sangat baik untuk menurunkan kadar trigliserida serta meningkatkan kinerja pembuluh darah. Bahkan disebutkan juga bahwa resiko serangan jantung untuk penggemar kacang tanah jauh lebih kecil dibandingkan dengan orang yang jarang atau tidak suka makan kacang-kacangan. 

Hal ini diperkuat juga dengan penelitian yang dipublikasikan di jurnal JAMA Internal Medicine, yang mengatakan bahwa mengonsumsi kacang tanah setidaknya 17-18 gram sehari dapat menekan resiko penyakit jantung 5 sampai 6 kali lebih besar.

Apa yang membuat kacang tanah baik untuk jantung?

Makan Kacang Bikin Panjang Umur. Kok Bisa? | BREAKTIME

Kacang tanah bisa menekan resiko serangan jantung karena kaya akan nutrisi, vitamin, fiber, antioksidan dan juga anti-inflammatory effect. Tidak hanya itu saja, terdapat juga kandungan magnesium, potassium, arginine dan banyak komponen bioaktif yang sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah.

Selain dipanggang atau digoreng, olahan kacang tanah yang dijadikan selai juga memiliki manfaat yang sama baiknya. Nurse’s Health Study menyebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi selai kacang murni tanpa tambahan pemanis dapat terhindar dari serangan jantung hingga 34%.

Selain dapat menyehatkan jantung, kacang-kacangan juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, menekan resiko terkena panyakit kanker, phytosterols, resveratol, gallstone, sampai dengan Alzheimer.

Tapi ingat ya B’timers,  konsumsilah kacang tanah yang diolah dengan sehat tanpa minyak, gula, dan garam berlebih supaya manfaatnya lebih maksimal. Don’t stop eating peanuts!

Share This Article