Makan Enak Tapi Kolesterol Tetap Terjaga, Ini Triknya! | BREAKTIME
Makan Enak Tapi Kolesterol Tetap Terjaga, Ini Triknya!
06.04.2015

Paskah memang identik dengan suguhan berbagai jenis kuliner yummy yang membuat lidah terus bergoyang. But, if your doctor has warned you to watch what you eat because of high blood cholesterol levels, better for you to be really careful in choosing what you’re gonna eat.

Namun, tentu saja hal ini tidak berarti B’timers harus melewatkan semua menu makanan lezat yang tersaji saat Paskah. Ada kok, beberapa hidangan yang tetap bisa Anda konsumsi sekaligus mengoptimalkan kesehatan organ tubuh, utamanya jantung. Nah, berikut ini Breaktime berikan beberapa rambu yang harus Anda patuhi kalau tak mau kolesterol melonjak lantaran tidak bisa mengontrol diri menikmati berbagai hidangan Paskah:

Seleksi makanan pembuka

Makan Enak Tapi Kolesterol Tetap Terjaga, Ini Triknya!

Saat ada momen istimewa seperti Paskah, Anda pasti akan menemukan berbagai makanan berkeju yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi dan berpotensi untuk “mengguncang” kolesterol dalam tubuh. Lalu makanan apakah yang sebaiknya dipilih? 

Kathleen M. Zelman, MPH, LD, RD, direktur dari sebuah perusahaan Amerika yang bergerak dibidang informasi serta saran kesehatan dari para pakar menuturkan bahwa sate ayam ataupun sushi dapat menjadi menu pembuka pilihan. Anda juga bisa memilih tuna yang diasap ataupun daging kalkun panggang yang rendah lemak tapi kaya akan protein.

Cermati kuah makanan

Makan Enak Tapi Kolesterol Tetap Terjaga, Ini Triknya!

Ada kalanya Anda berusaha meredam keinginan menikmati suatu makanan dan memilih untuk mencicipi kuahnya saja, bukan? Well, bila Anda memutuskan untuk menikmati daging kalkun panggang, cobalan untuk menikmatinya tanpa kuah kentalnya.

Hal yang sama juga berlaku pada kuah makanan kental lainnya yang dimasak dengan menggunakan mentega. Menurut Zelman, kuah kental dari berbagai makanan sering kali mengandung lemak jenuh yang tak disadari dan justru berpotensi mengendap di dalam tubuh.

Pilih menu makanan penutup

Makan Enak Tapi Kolesterol Tetap Terjaga, Ini Triknya!

Gemar mengonsumsi pie saat Paskah? Be careful! Jeannie Gazzaniga Moloo, RD, PhD, seorang dietitian dan juru bicara bagi American Dietetic Association menuturkan bahwa pie mengandung lemak tinggi pada bagian crust.

Sebagai contoh, sepotong pumpkin pie mengandung 316 kalori, 14 gr lemak, serta 65 miligram kolesterol, lho. Lalu bagaimana solusinya? Well, you can consider a crustless pie atau pilih saja sorbet, yang lebih segar dan rendah kalori serta lemak.

Jangan lupa pula untuk memperbanyak konsumsi sayuran yang diolah dengan cara sederhana sehingga terbebas dari berbagai bahan berlemak sembari didukung konsumsi buah segar untuk meningkatkan serat dan menetralisir jumlah kalori berlebih.

Share This Article