Makanan Otak Terbaik untuk Melancarkan Berfikir | BREAKTIME
Makan Diet Terbaik untuk Jaga Kinerja Otak
01.02.2015

Diet sering disalah artikan “tidak makan asal kurus”. Padahal, diet adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengatur pola makan yang benar. Salah satu bagian tubuh vital yang juga perlu diperhatikan kesehatannya adalah otak. Ya, otak merupakan pusat sistem pengaturan sadar pada manusia. Organ yang dilindungi oleh tempurung kepala ini juga membutuhkan nutrisi agar bekerja dengan baik.

Berikut ini beberapa jenis good food untuk kesehatan sel-sel otak yang telah Breaktime rangkum untuk Anda:

Fatty Fish

Makan Diet Terbaik untuk Jaga Kinerja Otak

Makanan laut seperti salmon, tuna, mackerel, dan sardine adalah jenis fatty fish yang kaya akan kandungan omega 3. Zat makanan ini berfungsi untuk mempercepat proses transfer neurotransmitter ke otak. Sekitar 40% asam lemak yang ada pada otak adalah DHA yang juga banyak terkandung dalam minyak ikan. Selain itu, dengan mengonsumsi ikan terbukti dapat mengurangi risiko terjadinya Alzheimer sekitar 39%.

Leafy Green and cruciferous veggies

Makan Diet Terbaik untuk Jaga Kinerja Otak

Hampir semua tipe diet menyarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau. Ini karena kandungan sayuran hijau yang kaya akan serat, zat besi, mineral, dan juga kalsium. Selain itu, sayuran dengan warna hajau mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Avocado

Makan Diet Terbaik untuk Jaga Kinerja Otak

Bukan hanya sayuradan dan daging saja yang bisa bermanfaat untuk mempercepat proses transfer informasi pada otak, alpukat yang banyak mengandung vitamin E juga baik untuk dijadikan pilihan. Untuk mengurangi risiko penurunan fungsi otak akibat bertambahnya usia, B’timers bisa secara rutin mengonsumsi alpukat atau makanan lain yang banyak mengandung vitamin E.

Chocolate

Makan Diet Terbaik untuk Jaga Kinerja Otak

Siapa bilang coklat membuat tubuh jadi gemuk? Ini merupakan sebuah mitos kurang tepat yang berkembangan di masyarakat. Yang membuat berat tubuh bertambah usai memakan coklat adalah tingginya kandungan lemak dari campuran susu dan manisnya gula yang bisa meningkatkan jumlah kalori. Coklat murni mengandung flavonoids yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang bisa melindungi otak dari pengaruh jahat radikal bebas. 

Dengan memberikan nutrisi yang tepat, akan membuat brain cells bekerja dengan maksimal. Mau otak sehat? Keep eating healthy, B’timers!

Share This Article