Aneka Makanan Sehat untuk Penunjang Sistem Imun | BREAKTIME
List of Healthy Foods Peningkat Sistem Imun
22.02.2015

Tidak jarang tubuh B’timers rentan terserang penyakit dikarenakan sistem kekebalannya sedang menurun sehingga mudah terserang berbagai virus dan bakteri. Supaya tidak mengalami hal ini, Anda perlu ‘membentengi’ diri dengan berbagai makanan sehat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh seperti berikut:

Yogurt

List of Healthy Foods Peningkat Sistem Imun

Di dalam yogurt terdapat nutrisi baik berupa probiotik yang akan merangsang sistem pertahanan tubuh menjadi berkali-kali lipat lebih kuat untuk melawan berbagai penyakit yang datang. Tidak hanya bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh, yogurt juga sangat sehat karena mengandung bakteri baik berupa E. coli yang akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar. No more constipation!

Tea

List of Healthy Foods Peningkat Sistem Imun

Antioksidan jenis polifenol dan flavonoid yang terdapat dalam teh, baik itu teh hijau atau teh hitam, akan melindungi tubuh B’timers dari berbagai serangan radikal bebas yang terdapat pada lingkungan sekitar.

Selain itu, terdapat juga asam amino dan L-theanine yang juga akan meningkatkan sistem imun tubuh sehingga Anda tak akan mudah terserang berbagai virus penyakit. Start your day with a cup of tea!

Mushroom

List of Healthy Foods Peningkat Sistem Imun

Jamur memang terkenal sebagai salah satu makanan sehat yang bisa meningkatkan sel-sel imunitas dalam tubuh berkat kandungan vitamin B, selenium, dan antioksidan di dalamnya.

Tidak hanya itu, penelitian terbaru mengemukakan bahwa mengonsumsi jamur secara rutin 1 hingga 2 ons per hari akan meningkatkan produksi dan aktivitas leukosit yang berperan penting dalam melawan berbagai infeksi serta serangan dari bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

Chicken soup

List of Healthy Foods Peningkat Sistem Imun

Tak hanya melegakan sakit tenggorokan dan bisa menghidrasi tubuh, sup ayam juga dapat digunakan sebagai penghambat peradangan pada sel darah putih. Hal ini karena di dalam sup ayam terdapat zat antiflamasi pencegah timbulnya pembengkakan atau peradangan.

Nah, untuk memaksimalkan khasiatnya sebagai makanan yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh, tambahkan bahan-bahan sehat lain seperti bawang putih, oregano, ketumbar, serta wortel.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, pepatah lama ini memang benar adanya! Akan jauh lebih baik jika B’timers meningkatkan kekebalan tubuh dengan berbagai makanan bergizi daripada nantinya harus mengonsumsi banyak obat untuk menyembuhkan penyakit yang sudah terlanjur menyerang.

Share This Article