Lebih Efektif Mana, Olahraga Pagi ataukah Malam? | Breaktime
Lebih Efektif Mana, Olahraga Pagi ataukah Malam?
15.03.2017

Anda percaya dengan ungkapan, “Burung yang bangun lebih pagi akan mendapatkan cacing”, B’timers? Well, jika berhubungan dengan waktu terbaik untuk latihan fisik, ternyata ungkapan di atas tidak terlalu benar, lho. Nah, jika Anda menanyakan, mana yang lebih efektif dalam membakar lemak dan membantu menurunkan berat badan, apakah olahraga di pagi hari atau malam hari, keduanya tidak ada yang benar, B’timers. Wow, mungkin Anda terkejut dengan jawaban yang satu ini, ya.

Meskipun ada banyak penelitian yang mengungkapkan, bahwa latihan fisik yang dilakukan di malam hari jauh lebih efektif untuk membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Namun pada kenyataannya, kita harus memilih waktu terbaik untuk berolahraga yang sesuai dengan kebutuhan fisik masing-masing, B’timers. Semua itu harus disesuaikan dengan kebutuhan jangka panjang.

Baca juga : MOMS TO BE? INTIP GERAKAN SENAM HAMIL WAJIB INI!

Yang perlu Anda ketahui adalah, latihan fisik di pagi hari harus diawali dengan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi di malam harinya, B’timers. Selain itu, Anda juga harus mengawali olahraga dengan sebuah pemanasan yang lebih ketat dan memperhatikan jam tidur berkualitas. Namun bagi kebanyakan orang, melakukan olahraga di pagi hari justru akan membuat mereka lemas sepanjang hari, B’timers.

Lebih Efektif Mana, Olahraga Pagi ataukah Malam? | Breaktime
Olahraga pagi bantu daya tahan tubuh sepanjang hari

Sementara untuk orang yang terbiasa melakukan latihan fisik di malam hari, biasanya mereka cenderung lebih bugar di sepanjang hari. Namun manakah yang sebenarnya paling efektif, di antara olahraga pada pagi hari atau malam hari dalam membantu menurunkan lemak tubuh, ya? Penasaran dengan jawaban dari pertanyaan ini, B’timers? Simak hanya di sini!

Baca juga : APAKAH NORMAL INGIN BUANG AIR KECIL KETIKA LARI?

Tahukah Anda bahwa ternyata dengan melakukan olahraga di pagi hari terbukti jauh lebih efektif dalam membakar lemak dan membantu menurunkan berat badan, B’timers? Alasannya adalah karena ketika kita bangun tidur dan melakukan latihan fisik, maka metabolisme tubuh pun akan aktif lebih awal. Jadi dengan demikian akan semakin banyak kalori yang dibakar, B’timers.

Lebih Efektif Mana, Olahraga Pagi ataukah Malam? | Breaktime
Cari teman untuk menemani Anda olahraga di malam hari

Menurut penelitian lainnya, bahwa saat seseorang mengosongkan perutnya sebelum melakukan latihan fisik, maka mereka akan lebih mungkin membakar cadangan lemak yang ada di dalam tubuh selama dia berolahraga, B’timers. Hal ini ikut didukung dengan penelitian lain, yang mengungkapkan latihan selama 45 menit di pagi hari memungkinkan seseorang untuk makan sarapan lebih sedikit.

Baca juga : INI CARA TRADISIONAL MENURUNKAN BERAT BADAN!

Dengan melakukan latihan fisik di pagi hari Anda telah membantu tubuh untuk beristirahat terlebih dulu untuk memulihkan tenaga. Alasan lainnya adalah karena tubuh memiliki waktu dalam memperbaiki otot dan juga mengubah makanan yang Anda konsumsi di malam hari menjadi energi atau glukosa yang bisa digunakan pada hari selanjutnya, B’timers.

Lebih Efektif Mana, Olahraga Pagi ataukah Malam? | Breaktime
Malam atau pagi, olahraga sangat berguna untuk kesehatan

Fakta lain berdasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Clinical Research Center dari University of Chicago diungkapkan, bahwa tubuh akan lebih kuat dalam menjalankan latihan fisik ketika sore atau petang hari, B’timers. Di dalam penelitian tersebut, pesepakbola dan juga perenang memiliki kondisi fisik terbaiknya di saat mereka berlatih pada pukul 5 sore.

Hal ini karena daya tahan tubuh akan cenderung meningkat pada malam hari. Tidak hanya itu saja, lho, B’timers. Kondisi fisik yang didukung dengan kekuatan paru-paru pada malam ataupun sore hari sangat efisien untuk Anda gunakan di dalam melakukan latihan fisik.So, lebih efektif mana untuk menurunkan berat badan, olahraga pagi ataukah malam, B’timers? The best time to exercise is anytime you can do it! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE