Lawan Kanker dengan Si Hijau Alpukat | Breaktime
Lawan Kanker dengan Si Hijau Alpukat
22.05.2015

Alpukat bisa dibilang menjadi buah yang unik jika dibandingkan dengan yang lainnya. Bagaimana tidak unik, jika buah kebanyakan kaya akan kandungan karbohidrat, alpukat kaya akan lemak baik yang sangat bagus untuk kesehatan. 

Berbicara tentang kesehatan, buah alpukat ternyata dapat mengurangi resiko terkena kanker lho, B’timers. Kandungan baik berupa glutathione yang merupakan salah satu jenis antioksidan ini bisa mencegah munculnya sel kanker kulit di tubuh.  

Tidak hanya kanker kulit saja, berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutritional Biochemistry, alpukat mengandung  carotenoids dan tocopherols yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Dan telah terbukti, alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan carotenoids paling tinggi diantara yang lainnya.

Buah pelawan kanker ini juga enak dijadikan salad
Buah pelawan kanker ini juga enak dijadikan salad

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Steven M. D’Ambrosio, seorang anggota dari molecular carcinogenesis and chemoprevention program Ohio State’s Comprehensive, menyatakan bahwa kandungan phytochemicals yang diperoleh dari ekstrak buah alpukat dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam darah sehingga bisa membunuh sel kanker tanpa merusak sel yang sehat. 

Tidak hanya dapat menyerang sel-sel kanker yang berada dalam tubuh, kandungan nutrisi yang terdapat dalam alpukat juga dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak. Selain itu, kandungan monosaturated fat di dalam buah ini juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa memicu timbulnya penyakit kronis.

Kalau bosan menyantap langsung buah satu ini, B’timers juga bisa mengolahnya menjadi berbagai hidangan misalnya saja dijadikan salad atau pelengkap sandwich. Tapi ingat, hindari mencampurkannya dengan terlalu banyak gula dan minyak supaya manfaat baiknya tetap terjaga.

Share This Article