Latihan Perut Ternyata Tak Bisa Bikin Perut Rata | Breaktime
Latihan Perut Ternyata Tak Bisa Bikin Perut Rata, Benarkah?
05.01.2016

Selama ini kita meyakini bawha jika kita ingin membentuk bagian tubu tertentu, kita harus melakukan latihan khusus pada bagian tubuh tersebut secara intens. Misalnya, jika kita ingin mengecilkan dan membuat perut rata, maka kita berfokus melakukan latihan otot perut. Padahal, kenyataan tidak begitu. Melakukan latihan perut ternyata tidak akan membuat perut Anda terlihat datar atau rata.

Faktanya adalah, satu-satunya cara untuk mendapatkan perut yang rata adalah dengan menghilangkan lemak di sekitar bagian tengah tubuh. Hal ini bisa dicapai dengan melakukan latihan kardio/aerobik (untuk membakar kalori), melatih kekuatan (meningkatkan metabolisme) dan mengikuti diet yang tepat. Latihan yang berkonsentrasi hanya pada perut akan membantu untuk membangun otot di bagian tengah tubuh Anda, tetapi Anda tidak dapat melihat hasilnya jika lemak di perut Anda tidak dihilangkan.

Latihan Perut Ternyata Tak Bisa Bikin Perut Rata | Breaktime
Skipping adalah salah satu contoh olahraga kardio yang bisa membantu membakar lemak

Jika Anda ingin menurunkan bobot tubuh, faktor yang paling penting dalam latihan dan kontrol berat badan bukan dilihat dari persentase kalori lemak yang dibakar, tetapi total kalori yang terbakar selama kegiatan. Misalnya, semakin cepat Anda berjalan, bersepeda atau berenang, maka akan semakin banyak kalori yang Anda gunakan per menitnya . Dengan demikian akan mudah membantu Anda menurunkan berat badan dan mudah dalam membentuk tubuh Anda agar lebih ideal.

Anda sebenarnya tidak perlu menyulitkan dan menyakiti diri sendiri jika ingin menurunkan berat badan. Istilah No Pain No Gain ketika Anda sedang berdiet hanyalah mitos belaka. Faktanya, Anda bisa memiliki berat badan yang ideal tanpa harus bersakit-sakit.

Latihan Perut Ternyata Tak Bisa Bikin Perut Rata | Breaktime
Anda tak perlu menyakiti diri sendiri demi tubuh ideal dambaan Anda

Anda tidak harus selalu banjir keringat dan napas terengah-engah untuk menurunkan berat badan kok, B’timers! Yang perlu Anda lakukan adalah olahraga dengan nyaman dan Anda harus tahu betul bahwa energi digunakan dengan benar untuk membakar kalori. Anda harus bisa membedakan antara kelelahan otot atau sendi dengan workout yang sehat.

Yang perlu diingat, rasa nyeri yang dirasakan tubuh adalah cara untuk memberi tahu Anda bahwa Anda telah melakukan sesuatu yang salah. Jadi, jika Anda mulai merasa kesakitan saat berolahraga, berhentilah, B’timers! dengarkan tibuh Anda dan mulailah berlatih dengan benar dan Aman. Selamat berolahraga! (nap) 

Share This Article