Latihan Pembentuk Otot Kaki Tanpa Harus Pergi ke Gym | Breaktime
Latihan Pembentuk Otot Kaki Paling Efektif Tanpa Harus Pergi ke Gym
19.10.2015

Akan menjadi satu hal yang aneh jika membentuk tubuh hanya terfokus bagian atas saja sedangkan kaki tidak ikut dilatih. Oleh karenanya, agar terlihat seimbang, B’timers perlu juga melatih otot-otot kaki.

Untuk dapat membentuk otot-otot pada kaki, satu hal yang menjadi titik utama atau titik fokusnya yaitu latihan dengan pusat pada betis. Dengan lebih memberikan porsi lebih untuk pembentukan otot-otot pada betis, maka proses pembentukan kaki dan tubuh yang ideal akan dapat terwujud.

Berikut ini cara-cara yang dapat dilakukan untuk dapat membentuk otot kaki agar terlihat sempurna:

Squat

Latihan Pembentuk Otot Kaki Tanpa Harus Pergi ke Gym | Breaktime
Disarankan untuk melakukannya secara rutin ketika memulai hari atau di saat pagi

Untuk berlatih gerakan satu ini, cara pertama yang harus dilakukan adalah berdiri dengan bahu tegap dan kaki dibuka selebar pundak. Buat tangan terjulur ke depan dan kemudian tekuk lutut. Tahan posisi tersebut hingga beberapa detik dan lakukan beberapa kali.

Jump

Latihan Pembentuk Otot Kaki Tanpa Harus Pergi ke Gym | Breaktime
Jika tidak memiliki kotak, Anda dapat melakukannya dengan menaikturunkan kaki di tangga

B’timers dapat melatih otot-otot kaki atau betis dengan tanpa perlu pergi ke tempat-tempat kebugaran seperti gym. Anda hanya perlu melakukan gerakan-gerakan seperti jump atau melompat-lompat di papan atau box dengan posisi kaki sejajar. Setelah itu, Anda dapat mengganti posisinya dengan melompat-lompat dengan satu kaki naik dan turun bergantian selama beberapa kali.

Freehand jump squat

Latihan Pembentuk Otot Kaki Tanpa Harus Pergi ke Gym | Breaktime
Cara satu ini dapat benar-benar menguras tenaga, jadi persiapkan pengaturan napas yang baik ketika melakukannya

Untuk melakukan gerakan ini, Anda hanya perlu berdiri dengan kaki selebar bahu dan menyilangkan tangan di dada lalu menekuk kaki hingga 90 derajat. Setelah itu, Anda perlu melakukan lompatan kecil hingga kedua kaki lurus. Usahakan tangan tetap menyilang di depan dada dan saat turun posisi kaki dan tubuh tetap dalam mode squat. Lakukan beberapa kali.

Berlari di dalam air

Latihan Pembentuk Otot Kaki Tanpa Harus Pergi ke Gym | Breaktime
Tentunya hal ini membutuhkan tempat yang berisikan air lumayan banyak untuk dapat melakukannya, seperti kolam renang atau sungai

Ketika B’timers sedang berenang, tidak ada salahnya menggunakan tekanan air untuk melatih otot-otot kaki. Caranya yaitu melakukan aktivitas lari di dalam air setinggi lutut. Dengan cara satu ini, maka tekanan air yang menahan gerak laju kaki dapat menjadi pemberat alami dan dapat melatih otot-otot paha serta betis.

Jalan atau lari mendaki

Latihan Pembentuk Otot Kaki Tanpa Harus Pergi ke Gym | Breaktime
Selain di kantor, jalan atau lari mendaki bukit juga dapat digunakan sebagai alternatifnya

Latihan pembentukan kaki juga dapat dilakukan saat Anda bekerja. Jika kantor tempat B’timers bekerja terdiri dari beberapa lantai, maka jangan gunakan elevator untuk membawa Anda ke atas. Anda dapat berjalan atau berlari mendaki setiap anak tangga sampai lantai yang dituju.

Tanpa harus pergi ke pusat kebugaran atau menggunakan alat, melatih otot kaki juga dapat dilakukan di saat senggang sendirian atau bersama keluarga.

Share This Article