Lari Tidak Selalu Turunkan Berat Badan Kok Bisa? | Breaktime
Lari Tidak Selalu Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?
04.03.2016

“Sudah rutin olahraga, berlari tiap hari, tetapi berat badan tidak turun juga.” Ya, mungkin B’timers termasuk satu dari sekian banyak orang dengan masalah yang sama. Sudah rutin berolahraga, namun jarum timbangan tak kunjung bergeser ke kiri. Lalu, kenapa ya, lari tidak selalu turunkan berat badan? Ini dia alasan olahraga lari Anda belum juga membuahkan hasil.

Berlari lebih lama, namun tak lebih cepat

Mungkin Anda menambah waktu olahraga lari hingga satu jam per hari, berlari dengan sungguh-sungguh, merasa capek dan akhirnya pulang ke rumah. Sebenarnya ini tidak menjamin berat badan Anda akan turun, apalagi jika Anda berlari dengan kecepatan yang lambat dan sama setiap harinya. Akan lebih efektif jika Anda berlari lebih cepat, dalam waktu yang lebih singkat. Misalnya, lari jarak pendek dalam 30 detik saja. Ini akan membakar lebih banyak kalori.

Lari Tidak Selalu Turunkan Berat Badan Kok Bisa? | Breaktime
Terapkan strategi agar berlari bisa turunkan berat badan dengan optimal

Terlalu fokus terhadap pembakaran kalori

Salah satu kesalahan terbesar yang banyak orang lakukan tanpa sadar, adalah percaya bahwa kalori akan terbakar hanya dengan berolahraga. Ini sebenarnya keliru, B’timers. Sebab, bahkan aktivitas harian seperti tidur, berdiri, makan, berpikir, juga membutuhkan energi dan itu bisa membakar kalori. Agar olahraga Anda bisa membakar kalori dengan optimal, sebaiknya pilih olahraga paling tepat, seperti lari jarak pendek, atau angkat beban untuk membentuk otot.

Tidak mencoba jenis olahraga kardio lain

Jika Anda senang berlari lebih lambat dalam waktu yang lebih lama, sebenarnya itu justru akan mengurangi kekuatan dan pertumbuhan otot, demikian disebutkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research. Agar olahraga Anda lebih efektif, ada baiknya Anda mengganti olahraga lari Anda dengan bersepeda yang lebih membakar kalori dan meningkatkan massa otot.

Itulah sebab yang sering tak disadari, yang menyebabkan olahraga lari B’timers tak kunjung memperlihatkan hasil signifikan. Nah, setelah mengetahuinya, kini ingin mengubah rutinitas berlari Anda? (md)

Share This Article