Langsung Olahraga Setelah Makan, Apa Dampaknya? | Breaktime
Langsung Olahraga Setelah Makan, Apa Dampaknya?
10.07.2016

Kita selalu disarankan untuk makan dulu sebelum berolahraga. Sebab, makanan akan berfungsi sebagai energi. Tidak makan dulu, tentu akan membuat tubuh kita kekurangan energi. Namun, sebaiknya jangan langsung berolahraga setelah makan, B’timers. Mengapa?

Cara kita makan ternyata memiliki dampak yang sangat besar bagi performa latihan kita. Jika Anda tidak makan dengan benar sebelum berolahraga, tubuh Anda tidak memiliki cadangan glukosa yang cukup. Hal ini akan membuat makanan berubah menjadi lemak lebih cepat. Lalu apa yang terjadi ketika kita melanggar aturan jangan langsung berolahraga setelah makan, apalagi dalam keadaan kekenyangan?

Akibat buruk langsung olahraga setelah makan

Ketika kita berolahraga, otot-otot yang mendorong gerakan tubuh Anda membutuhkan peredaran darah ekstra dari jantung. Saat beristirahat, 15-20 persen darah yang bersirkulasi di dalam tubuh memberi makan otot-otot kerangka. Namun selama berolahraga, darah yang bersirkulasi jumlahnya meningkat jadi 80 persen. 

Langsung Olahraga Setelah Makan, Apa Dampaknya? | Breaktime
Olahragalah dengan santai dan tidak terburu-buru

Untuk memfasilitasi perubahan ini, tubuh Anda akan menyempitkan dan melebarkan pembuluh darah. Pembuluh-pembuluh pada sistem yang tidak dibutuhkan untuk berolahraga, seperti pencernaan, urine, dan reproduksi, akan disempitkan, membatasi jumlah darah yang mengalir pada organ-organ ini. Jika Anda langsung berolahraga setelah makan, organ-organ pencernaan dan otot-otot kerangka akan "bertempur" untuk meminta aliran darah. Hasilnya, latihan pun jadi sulit dilakukan.

Langsung makan sebelum berolahraga, apalagi dalam porsi yang berlebihan, juga akan membuat Anda merasa lamban, dan lesu. Perut pun jadi terasa tak nyaman, mual, dan mungkin kram. Anda tentu tidak ingin kebiasaan Anda berolahraga menghambat proses pencernaan Anda kan, B’timers?

Langsung Olahraga Setelah Makan, Apa Dampaknya? | Breaktime
Istirahat di tengah olahraga saat lelah boleh juga

Terlepas dari jam berapa Anda memilih untuk latihan olahraga, pastikan waktunya dua sampai tiga jam setelah Anda makan. Jika waktu makan Anda sudah berlalu beberapa jam, para pakar menyarankan Anda untuk mengudap sedikit cemilan satu jam sebelum latihan untuk mengisi bahan bakar di dalam tubuh dengan semestinya. Siapkan kombinasi karbohidrat dan sedikit protein, dengan jumlah tak lebih dari 200 kalori.

Jika Anda berniat latihan pagi-pagi, ingatlah selalu bahwa berolahraga dalam keadaan perut kosong bukanlah kondisi yang ideal. Mungkin Anda tidak terbiasa sarapan, dan memaksa diri makan sebelum berolahraga membuat Anda tak nyaman. Namun mengisi tubuh Anda dengan nutrisi yang tepat sangat diperlukan untuk bekal berolahraga. Roti bakar isi pisang, roti dengan olesan alpukat, atau smoothie buah-buahan, bisa jadi pilihan untuk Anda.

Nah, sekarang sudah tahu kan, B’timers? Jadi, jangan langsung berolahraga setelah makan, ya. Demi kesehatan Anda! (nap)

Share This Article