Langsing Cepat dengan Pola 5:2 Diet Berani Coba? | Breaktime
Langsing Cepat dengan Pola “5:2 Diet”, Berani Coba?
09.04.2016

B’timers pasti sudah akrab dengan berbagai macam jenis diet. Mulai dari paleo, dukan, hingga mayo diet. Kini ada lagi rupanya jenis diet yang cukup baru di dunia kesehatan yang disebut dengan 5:2 diet. Penasaran seperti apa pola diet yang satu ini? Check this out!

Pola diet

5:2 diet didasarkan pada sebuah prinsip yang berkaitan dengan puasa. B’timers dapat makan secara normal selama 5 hari dan berpuasa pada 2 hari dalam satu minggu. Anda dapat memilih apakah puasa yang Anda lakukan pada hari yang berdekatan ataupun tidak.

Langsing Cepat dengan Pola 5:2 Diet Berani Coba? | Breaktime
Selama dua hari, Anda tidak diwajibkan puasa dengan diet ini

Para penganut 5:2 diet ini mengaku ampuh dalam menurunkan berat badan. Mereka juga mengklaim bahwa 5:2 diet mampu memperbaiki fungsi otak dan memperpanjang umur hidup manusia. Selain itu, 5:2 diet juga dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit dementia dan Alzheimer’s.

Meskipun ada beberapa bukti, seperti penganut 5:2 diet yang didapat dari sebuah studi tahun 2010 menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan. Sayangnya, bukti tentang tingkat efektivitas 5:2 diet ini masih terbatas dibandingkan diet yang lainnya, lho!

Pro dan kontra tentang 5:2 diet

Nah, dengan sedikitnya bukti pasti B’timers mulai ragu dengan kredibilitas diet satu ini. Manjur tidak ya? Secara kesehatan memang jelas mengurangi porsi makan dari 7 hari menjadi 5 hari tentunya akan membawa dampak pada penurunan berat badan. 

Langsing Cepat dengan Pola 5:2 Diet Berani Coba? | Breaktime
Biasanya kebawa rasa ingin makan selama puasa jadinya justru berlebihan

Kesempatan dua hari berpuasa tersebut juga memberikan kesempatan tubuh untuk mengurangi lemak tubuh, resisten insulin, dan berbagai penyakit kronis lainnya. Sehingga tentunya  Anda akan merasakan dampak positif bila B’timers menjalani pola diet yang satu ini.

Kontranya, selama 5 hari B’timers tidak berpuasa, Anda dibebaskan untuk mengonsumsi berbagai makanan. Bisa saja Anda balas dendam akibat puasa 2 hari yang Anda jalani. Selain itu, bila Anda menjalani puasa 2 hari berturut-turut tanpa asupan kalori apa pun, B’timers justru akan merasa lemas, pusing, hingga sulit menjalani aktivitas sehari-hari.

Solusinya?

Untuk B’timers yang tertarik menjalani 5:2 diet ini, Anda harus tetap pandai mengatur jadwal makan agar tetap fit dan bugar. Anda juga tidak diwajibkan meletakkan jadwal puasa selama 2 hari berturut-turut. Pilih jadwal 3 hari bebas-1 hari puasa-2 hari bebas-1 hari puasa sebagai solusi menjaga tubuh tetap semangat.

Langsing Cepat dengan Pola 5:2 Diet Berani Coba? | Breaktime
Jangan jadikan diet alasan balas dendam, tetap makan yang sehat ya!

Selain itu, selama menjalani hari tidak puasa, B’timers juga diwajibkan mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan Anda memilih makanan yang sehat dan bergizi seperti buah dan sayuran. Makan-makanan berlemak pun boleh asal tetap dalam porsi minim.

Jadi, 5:2 diet bisa menjadi solusi bagi Anda yang tertarik untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Asalkan B’timers berkomitmen untuk memberikan asupan makanan sehat dan berolahraga teratur setiap hari, 5:2 diet akan mampu memberikan dampak positif pada tubuh Anda. Keep healthy, B’timers! (ft)

Share This Article