Lakukan Diet Sehat Ini untuk Penderita Obesitas | Breaktime
Lakukan Diet Sehat Ini untuk Penderita Obesitas
29.08.2016

Obesitas adalah masalah kelebihan berat badan yang jauh di atas normal. Hal ini termasuk dalam sebuah penyakit yang mampu menimbulkan penyakit lain seperti jantung dan gagal ginjal. Obesitas disebabkan karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak. Obesitas tidak hanya diderita oleh orang dewasa, bahkan baru-baru ini di Indonesia terdapat dua anak berusia 10 tahun yang mengalami obesitas. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini tips diet sehat untuk Anda penderita obesitas.

Makanan mengandung serat

Alangkah baiknya jika Anda yang menderita obesitas perbanyak konsumsi makanan yang berserat tinggi. Semakin banyak serat yang Anda makan, semakin baik Anda mengontrol berat badan. Serat merupakan karbohidrat kompleks yang dapat membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Makanan kaya akan kalsium

Kalsium dapat berinteraksi dengan hormon Anda untuk meningkatkan metabolisme lemak. Anak-anak yang banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium mampu terhindar dari kelebihan berat badan.

Baca juga : POTONG ASUPAN GULA DENGAN DIET GULA PALING AMPUH

Sayuran

Lakukan Diet Sehat Ini untuk Penderita Obesitas | Breaktime
Konsumsi banyak sayuran untuk atasi obesitas

Makanan hijau seperti sayuran selalu menjadi item penting untuk menjalankan program diet sehat. Sayuran memang memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh, terutama untuk Anda yang menderita obesitas dan penyakit kronis.

Makanan rendah kalori

Obesitas disebabkan karena seseorang mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalori tinggi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang rendah kalori.

Pada dasarnya diet sehat yang dilakukan oleh orang yang menderita obesitas sama halnya dengan yang dilakukan oleh orang-orang normal yang hanya ingin menurunkan berat badan. Namun yang membedakan adalah diet sehat yang dilakukan penderita obesitas memakan waktu yang lama. Bagaimana pun juga Anda harus tetap membiasakan pola hidup sehat untuk menghindari obesitas. (vpd)

Share This Article