Lakukan Diet Sehat Ini untuk Cegah Heartburn | Breaktime
Lakukan Diet Sehat Ini untuk Cegah Heartburn
17.10.2017

B’Timers pernahkah Anda merasa dada Anda serasa panas terbakar dan perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman setelah Anda makan? In case you’re wondering, itulah yang disebut dengan heartburn. Heartburn terjadi ketika perut bekerja terlalu keras dalam mencerna makanan sehingga mengakibatkannya membesar akibat gas yang terperangkap. Hal itulah yang menyebabkan perut Anda terasa ‘begah’ alias kembung. Tak hanya itu, mengembangnya ukuran perut Anda juga mengakibatkan cincin otot lambung yang disebut dengan LES (Lower Esophageal Sphincter) melemah dan mengakibatkan asam lambung naik ke esofagus dan mengakibatkan heartburn. Dan ternyata, diet sehat bisa membantu mengatasinya.

Ya, salah satu faktor utama penyebab penyakit heartburn adalah makanan yang Anda konsumsi. Jadi, sudah jelas bahwa salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan diet sehat yang terdiri dari menu makanan bernutrisi yang mampu membantu mencegah heartburn. Makanan apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini, B’Timers.

Salah satu menu makanan yang wajib Anda konsumsi setiap hari adalah sayuran hijau. Sayuran hijau tidak hanya memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu memperlancar pencernaan, tapi juga sangat ramah terhadap sistem pencernaan. Semuanya berkat kandungan lemak dan kadar gula rendah yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sehatnya Aneka Makanan Diet Unik

Tapi hati-hati B’Timers!  beberapa sayuran justru dapat mengakibatkan produksi gas di dalam perut meningkat. Jenis sayuran yang berpotensi (tapi tidak selalu) mengakibatkan peningkatan produksi gas adalah brokoli, kubis, dan mentimun.

Jika Anda sudah terlanjur mengalami heartburn, coba konsumsi secangkir sari jahe. Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang tak hanya memiliki khasiat menghangatkan tubuh tapi juga dapat membantu meredakan ketidaknyamanan akibat heartburn. Jahe memiliki sifat anti-inflammatory yang membantu melawan peradangan yang terjadi pada area esofagus. 

Lakukan Diet Sehat Ini untuk Cegah Heartburn | Breaktime
Jadikan oatmeals lezat jadi diet sehat Anda!

Ditambah lagi dengan senyawa fenolik yang dimilikinya, jahe dapat membantu memperkecil kemungkinan asam lambung naik dari lambung ke esofagus. Secangkir teh atau sari jahe juga bisa membantu meredakan gejala mual yang sering menyertai heartburn. Tapi, dosis jahe yang digunakan juga tidak boleh terlalu banyak, B’Timers! Konsumsi jahe yang terlalu banyak malah dapat mengakibatkan gejala heartburn Anda semakin parah. Hati-hati saja ya, B’Timers.

Konsumsi buah-buahan juga bisa membantu untuk meredakan gejala heartburn lho. Buah-buahan kaya akan air dan serat yang bisa membantu memperlancar proses pencernaan, tapi Anda perlu menjauhi buah-buahan berjenis citrus seperti jeruk dan buah-buahan asam lainnya. Sedangkan untuk buah pisang sebenarnya termasuk ke dalam buah yang aman untuk dikonsumsi karena memiliki kadar keasaman yang lebih rendah dibandingkan dengan buah asam lainnya. Tapi jika Anda sampai mengalami gejala kembung atau perih setelah mengkonsumsi pisang, sebaiknya hindari dan konsumsi buah-buahan lain saja, B’Timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Menurunkan Kadar Kolestrol dengan Makan Ini

Ingin mengkonsumsi sarapan yang tak hanya sempurna untuk diet Anda tapi juga bisa membantu mencegah terjadinya acid reflux? Cobalah konsumsi oatmeals. Oatmeals adalah makanan gandum murni yang gampang dicerna oleh perut sehingga mencegah produksi asam lambung yang berlebihan. Selain itu, kandungan vitamin B6 dalam oatmeals juga bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat produksi asam lambung yang berlebihan. Tak hanya itu, semangkuk oatmeals juga dapat menyediakan energi yang cukup bagi Anda untuk menghadapi aktivitas sehari-hari.

B’Timers juga bisa memvariasikan hidangan sehari-hari dengan tumis atau sup asparagus. Sayuran asparagus merupakan sumber lengkap dari beta-karoten, vitamin B6, dan magnesium yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya heartburn.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sudah Coba Cara Diet Alami Ini Belum?

Nah, demikianlah beberapa saran diet sehat bagi Anda yang sering menderita heartburn. Jangan lupa, jika heartburn tersebut terjadi sangat sering dan disertai dengan gejala-gejala lain seperti susah menelan, batuk-batuk dan tenggorokan terasa sakit hingga mengakibatkan suara serak, maka Anda wajib memeriksakan diri ke dokter karena bisa jadi itu adalah pertanda dari GERD atau heartburn akut. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE