Jangan Tertipu Mitos Seputar Fitness Berikut! | Breaktime
Ladies, Jangan Tertipu Mitos-Mitos Seputar Fitness Berikut!
20.12.2015

Apa mungkin teman Anda berbohong saat mengatakan kepada Anda seputar pernyataan menggiurkan tentang fitness yang bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat? Mungkin saja!

Ketika Anda memutuskan untuk memulau gaya hidup sehat, Anda pun mulai mengatur rencana dengan matang. Anda lalu mulai melakukan rutinitas latihan baru untuk membantu Anda mencapai berat badan sesuai yang Anda Inginkan. Di sepanjang perjalanan tersebut, entah itu di gym, membaca buku-buku terbaru, atau berbicara dengan teman-teman Anda, Anda akan mendengar banyak nasihat tentang latihan-latihan khusus yang bisa membuat Anda bersemangat melakukan fitness, padahal tidak semuanya benar.

Anda akan tahu kebenarannya jika Anda menyimak mitos dan fakta seputar fitness berikut ini. Ada beberapa kesalahpahaman umum tentang olahraga dan penurunan berat badan, tapi jangan biarkan diri Anda tertipu! Berikut adalah 3 mitos dan fakta seputar fitness yang kami ulas khusus untuk B’timers yang memimpikan berat badan ideal.

  • Anda bisa menghilangkan lemak pada bagian tertentu jika Anda memfokuskan latihan pada area tersebut.

Faktanya: Konsep ini disebut dengan spot training. Sayangnya, spot training tidak akan membakar lemak. Ketika berat badan Anda turun, Anda tidak bisa menentukan bagian mana yang Anda kecilkan. Sebaliknya, tubuh Anda yang menentukan sendiri lemak pada tubuh bagian mana yang akan dibakar. Jadi, jika Anda ingin berat badan Anda turun dengan bentuk tubuh yang proporsional, lebih baiknya Anda melakukan olahraga secara seimbang dan bukan hanya berfokus pada bagian tertentu.

  • Wanita yang mengangkat beban berat akan berotot besar seperti pria

Faktanya: Dalam olahraga angkat beban, hormon testosterone diperlukan untuk pembentukan otot besar. Sedangkan, kadar testosteron wanita jauh lebih rendah daripada laki-laki. Sehingga dalam banyak kasus, angkat beban yang dilakukan wanita tidak akan membetuk otot-otot besar. Bahkan, karena otot memakan banyak ruang daripada lemak, olahraga angkat beban yang dilakukan wanita justru akan membantu mengecilkan setiap bagian tubuh. Jadi selain manfaat fisik seperti peningkatan metabolisme, penurunan risiko osteoporosis dan meningkatkan kekuatan, latihan kekuatan akan membantu Anda langsing juga, B’timers!

  • Jika latihan tidak dilakukan dalam waktu yang sering dan lama, tidak akan memberikan hasil apa-apa

Jangan Tertipu Mitos Seputar Fitness Berikut! | Breaktime
Naik tangga daripada lift juga membantu Anda membakar lemak dan kalori lho

Faktanya: Bahkan aktivitas moderat ditunjukkan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Jika Anda tidak memiliki 30 menit di hari Anda untuk berolahraga, cobalah melakukannya secara terpisah yaitu 10 menit saja selama tiga waktu. Setiap orang dapat menemukan 10 menit di sela waktu pada siang hari. Ada hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan aktivitas Anda tanpa harus pergi ke gym misalnya memilih tangga daripada lift, lompat tali atau melakukan latihan push up/sit-up di jam istirahat dan berjalan-jalan singkat setelah makan siang . Ingat bahwa setiap latihan adalah lebih baik daripada tidak sama sekali!

Setelah mengetahui ketiga mitos dan fakta tersebut, bagaimana pendapat Anda, B’timers?

Share This Article