Kurangi Risiko Pertumbuhan Sel Kanker, Bisakah? | Breaktime
Kurangi Risiko Pertumbuhan Sel Kanker, Bisakah?
04.02.2017

Apakah Anda tahu, bahwa kebiasaan kita sehari-hari dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, B’timers? Program diet yang kita jalani dan aktivitas fisik memang terbukti sanggup membantu mengurangi risiko dari pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh, lho. Dan menurut penelitian, jika seseorang memiliki pola makan yang buruk disertai juga dengan tidak membiasakan dirinya bergerak aktif, hal itu bakalan menjadi faktor utama yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Namun jangan khawatir, B’timers. Anda dapat melakukan sesuatu untuk mengatasi risiko tersebut, kok. Seperti misalnya dengan menghentikan kebiasaan merokok, ada beberapa hal yang tidak kalah penting yang perlu Anda lakukan untuk membantu mengurangi risiko pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh Anda, B’timers. Misalnya dengan menjaga berat badan yang seimbang. Untuk mendapatkan berat yang seimbang, tentu harus diimbangi dengan olahraga dan berdiet.

Kurangi Risiko Pertumbuhan Sel Kanker, Bisakah? | Breaktime
Olahraga bisa bantu turunkan risiko kanker

Jika ingin mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker, sangat disarankan untuk mulai memperhatikan pola makan Anda, B’timers. Sangat direkomendasikan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan sehat yang bersumber dari tumbuhan. Hal tersebut seperti yang telah diungkapkan oleh World Cancer Research Fund, bahwa sekitar 20 % dari kebanyakan penderita kanker di Amerika Serikat, terjadi karena faktor kegemukan tubuh, aktivitas fisik yang kurang, kebiasaan mengonsumsi alkohol berlebihan serta gizi yang buruk. Di bawah ini cara dan tips untuk mengatasinya!

Kontrol berat badan Anda. Dengan menjaga berat badan Anda tetap sehat, merupakan salah satu faktor utama untuk mengurangi risiko pertumbuhan kanker dan penyakit kronis lain, seperti penyakit jantung dan diabetes, B’timers. Memiliki berat badan berlebih dan obesitas, akan meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar dan rektum, kanker endometrium atau lapisan rahim, kanker esophagus, kanker pancreas dan kanker ginjal.

Untuk mengurangi risiko kanker, setidaknya Anda perlu menjaga agar BMI tetap berada di bawah angka 25. Cobalah konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jumlah BMI Anda, B’timers. Nah, jika Anda ingin menjaga dan mengontrol berat badan, tentunya langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan setiap ukuran porsi makanan yang akan Anda konsumsi. Sebaiknya hindari asupan yang tinggi kalori, lemak dan gula. Perhatikan minuman Anda juga!

Jadilah lebih aktif secara fisik untuk menjaga berat badan Anda, B’timers. Tetap aktif secara fisik dapat membantu mengurangi risiko kanker. Selain itu, dengan tetap aktif secara fisik juga bisa meningkatkan kadar hormon yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Disarankan setidaknya lakukan latihan fisik selama 75 – 150 menit setiap minggunya. Jangan lakukan latihan fisik secara langsung. Anda bisa membaginya di dalam beberapa hari dalam seminggu.

Kurangi Risiko Pertumbuhan Sel Kanker, Bisakah? | Breaktime
Ajak pasangan untuk lakukan diet mencegah kanker

Pilih sayuran, buah segar, kacang-kacangan, seperti kacang polong dan jenis kacang lainnya. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan rendah kalori, lemak dan gula untuk menjaga berat badan Anda tetap di angka ideal, B’timers. Batasi asuman minuman manis, seperti minuman ringan, minuman berenergi dan minuman rasa buah yang tinggi akan kandungan gula dan juga kalori. Selain itu, Anda juga perlu batasi porsi makan daging olahan dan daging merah, B’timers.

Jika Anda meminum alkohol, sebaiknya mulai batasi jumlah yang Anda minum, lho, B’timers. Untuk bisa mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker, sebaiknya minum alkohol tak lebih dari 2 gelas perhari bagi pria dan 1 gelas alkohol untuk wnaita. Kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risiko pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. So, jika Anda ingin mengurangi risiko tersebut, sebaiknya mulai saat ini coba untuk menghentikan kebiasaan merokok, ya, B’timers?

Itulah tadi tips diet untuk mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh Anda, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE