Kurang Vitamin Justru Bisa Bikin Gemuk | Breaktime
Kurang Vitamin Justru Bisa Bikin Gemuk
01.05.2015

Mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung banyak mineral dan vitamin ternyata tidak hanya akan menunjang sistem kekebalan tubuh agar tidak rentan terserang penyakit saja. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of the American College of Nutrition, ternyata ada hubungan yang sangat signifikan antara asupan vitamin dan mineral dalam tubuh dengan penambahan berat badan. 

Para peneliti melakukan survei mengenai nutrisi terhadap 18 ribu orang selama 7 tahun. Dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal, mereka yang menderita overweight ternyata mengalami kekurangan asupan mikronutrisi sebesar 5 sampai 12 %. 

Lebih spesifik lagi, dibandingkan mereka yang memiliki berat badan normal, orang dewasa yang mengalami overweight kekurangan 20 % vitamin A, C, dan magnesium. Tidak hanya itu saja, mereka juga mengalami kekurangan vitamin D, E, dan juga kalsium. 

Vitamin A, memiliki peran yang sangat penting dalam regulasi sel-sel lemak dan juga hormon di dalam tubuh yang bisa membantu mengontrol berat badan. Dan vitamin D juga tak kalah penting, vitamin ini dapat melepaskan hormon leptin, yang bisa mengontrol timbulnya rasa lapar dan juga mengantur banyaknya lemak yang disimpan di dalam tubuh.

Buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral alami
Buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral alami

Kalau selama ini Anda menyangka kekurangan vitamin dan mineral justru akan mengakibatkan underweight, ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar, kan? Maka dari itu, masukkan makanan sehat seperti halnya sayuran hijau dan buah-buahan berbagai warna ke dalam menu harian.

Share This Article