Kenali Tanda Kekurangan Vitamin A dari Kondisi Mata | Breaktime
Kurang Vitamin A Bisa Terlihat dari Kondisi Mata
06.07.2015

KVA atau sering disebut dengan defisiensi vitamin A merupakan gejala-gejala yang timbul akibat kekurangan vitamin A. Nah, karena vitamin A ini sangat berpengaruh pada kesehatan mata, gejala KVA akan langsung terlihat pada mata.

KVA merupakan masalah utama kesehatan yang menyerang anak berusia di bawah lima tahun. Tapi, tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun akan terserang KVA. Ada 2 jenis KVA, yaitu KVA primer jika seseorang kurang mengonsumsi vitamin A, dan KVA sekunder yang terjadi jika ada gangguan penyerapan vitamin A dalam tubuh.

Diet rendah lemak dapat memicu KVA
Diet rendah lemak dapat memicu KVA

B’timers yang menjalani diet rendah lemak, sebaiknya perhatikan asupan vitamin A juga ya. Why? Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak. Kalau tidak ada lemak yang cukup untuk melarutkannya, alhasil tubuh akan kekurangan vitamin A.

Gejala KVA pada Mata

Gejala pertama adalah rabun senja, namun terkadang penderita tidak langsung menyadari gejala ini. Gejala lainnya dapat dilihat dengan memperhatikan perubahan warna mata. Bagaimana caranya? Anda dapat membuka sedikit kelopak mata, kemudian perhatikan warnanya. Jika pada bagian putih terlihat kering, warnanya kusam dan sedikit kotor, dapat disimpulkan telah terjadi Xerosis Konjungtiva.

Bintik bitot akibat KVA
Bintik bitot akibat KVA

Jika dibiarkan berlanjut, akan muncul timbunan kerati yang disebut bercak Bitot. Jika Anda menemukan bercak ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ahli mata. Keterlambatan penanganan akan mengakibatkan perubahan warna pada bagian iris (bagian mata yang berwarna hitam, coklat, maupun biru). Seperti halnya bagian puth, iris juga akan terlihat kering, berwarna kusam dan tak bersinar. Pada tahap akhir, KVA akan menyebabkan kebutaan.

Mengerikan bukan penyakit akibat KVA ini? Tetap perhatikan asupan vitamin A ya, B’timers, meskipun sedang diet rendah lemak.

Share This Article