Kopi Ternyata Tidak Berbahaya Bagi Ibu Hamil | Breaktime
Kopi Ternyata Tidak Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Lho
24.11.2015

Saat hamil, beredar asumsi bahwa konsumsi kopi berbahaya bagi kondisi ibu dan janin yang ada di dalamnya. Kabar tersebut memang tidak sepenuhnya salah, tapi bukan berarti Anda tak boleh meminumnya sama sekali. Sebab, kopi juga bisa memberikan dampak baik pada tubuh seperti mencegah serangan jantung serta penyakit diabetes.

Dengan begitu, Anda bisa lebih sehat dan terbebas dari penyakit gula darah yang menggerogoti kesehatan. Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk meneliti dampak kopi terhadap tekanan jantung. Setelah penelitian tersebut berakhir, hasilnya kopi tidak menyebabkan gangguan pada jantung meskipun kondisinya saat itu sedang berada pada tekanan darah tinggi.

Kopi Ternyata Tidak Berbahaya Bagi Ibu Hamil | Breaktime
Kopi mengandung beberapa zat yang memberi dampak positif dan negatif pada tubuh

Namun, yang menjadi permasalahan di sini adalah benarkah ibu hamil yang mengkonsumsi kopi akan membahayakan kondisi janinnya? Pertama, kafein pada kopi bisa meningkatkan risiko keguguran karena larut dalam darah. Akan tetapi, kefein hanya membahayakan tubuh bila jumlahnya sudah melebihi batas.

Menurut NSW Health, ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 200 mg kafein perhari atau sekitar dua gelas. Ini merupakan batas normal konsumsi kopi untuk ibu hamil agar tidak membahayakan kandungannya.

Dengan begitu, konsumsi kopi pada ibu hamil memang tetap diperbolehkan, tapi dalam dosis yang tepat. Akan tetapi, alangkah baiknya bila Anda mengganti kopi dengan minuman lainnya yang lebih menyehatkan seperti jus ataupun susu khusus untuk ibu hamil. Asupan nutrisi yang tepat akan memberikan efek lebih bagus bagi janin yang sedang dikandung.

Selain minuman, Anda juga bisa mengimbanginya dengan senam khusus agar ketika proses persalinan nanti lebih lancar. Selamat mencoba B'timers.

Share This Article