Kisah Di Balik Sejarah Yoga yang Fenomenal | Breaktime
Kisah Di Balik Sejarah Yoga yang Fenomenal
17.11.2016

Yoga sudah sejak lama populer sebagai salah satu olahraga yang punya banyak manfaat untuk tubuh. Yoga juga seringkali menjadi olahraga pilihan orang yang sedang menjalankan program diet, khususnya para wanita, nih. Yoga memang memiliki banyak sekali manfaat. Sebelumnya apakah Anda sudah tahu tentang sejarah yoga? Jika belum, yuk simak semua yang menarik tentang yoga berikut ini.

Apa itu yoga?

Yoga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti memusatkan seluruh pikiran agar bisa mengendalikan panca indera. Saat seseorang melakukan yoga, maka dia harus memiliki konsentrasi penuh, mengatur dan mengontrol agar mendapat keseimbangan jiwa, pikiran, dan tubuh.

Baca juga : INI DIA MANFAAT YOGA YANG BAKALAN ANDA DAPATKAN!

Bagaimana asal mula yoga?

Yoga disebut-sebut berasal dari India yang sudah ada sejak 3000 SM. Wah, sudah lama sekali ya! Orang yang pertama kali membukukan filosofi yoga adalah Patanjali. Beliau jugalah yang mengenalkan dasar-dasar yoga dan delapan bagian tubuh yoga, yaitu Yama, Asana, Niyama, Dharana, Pranayama, Dhyana, Pratyahara, dan Samadhi.

Yoga juga banyak tertulis dalam tulisan kuno Bhagavad Gita yang berisi 700 ayat dan berbahasa Sansekerta. Dalam kitab ini juga termasuk cerita mahabharata. Dalam tulisan tersebut terdapat praktek dan meditasi yoga. Selain itu juga, tertulis tiga jenis yoga, Karma Yoga, Bhakti Yoga, dan Jnana Yoga.

Kini yoga semakin berkembang pesat. Di Indonesia sendiri, yoga dikenal sejak tahun 1990an. Saat itu Indonesia sedang dilanda krisis dan banyak orang mengalami stress. Pengobatan medis tidak cukup ampuh dan mereka pun mencoba melakukan yoga untuk menenangkan hati dan pikiran.

Kisah Di Balik Sejarah Yoga yang Fenomenal | Breaktime
Ibu hamil juga bisa lakukan yoga, lho!

Hingga saat ini yoga masih jadi olahraga favorit pilihan masyarakat. Namun, tahukah Anda bahwa yoga memiliki gaya dan aliran yang beraneka ragam. Berikut ini daftar gaya dan aliran yoga.

1. Bikram yoga : prosesnya dilakukan di ruangan tertutup bersuhu tinggi antara 32 – 42 derajat celcius.

2. Prenatal yoga : kalau yoga yang satu ini khusus dilakukan untuk ibu hamil.

3. Vinyasa : aliran yang ini juga disebut dengan Flow yoga yang dilakukan dengan gerakan-gerakan ritmis dan dinamis, mirip dengan orang berdansa.

4. Hatha yoga : menekankan 4 teknik, yaitu postur (asana), olah nafas (pranayama), kuncian (bandha), dan gestur (mudra).

5. Ashtanga yoga : terinspirasi dari vinyasa yoga dengan gerakan yang bersifat aerobik.

6. Iyengar yoga : mengutamakan kekuatan dan daya tahan. Saat latihan menggunakan alat bantu seperti tali, bantal, dan blok.

7. Kundauni yoga : menekankan pada aliran dan pernapasan cepat dan ritmis.

8. Power yoga : merupakan pengembangan dari ashtanga yoga yang menekankan kekuatan dan fleksibilitas.

9. Ishta yoga : merupakan kombinasi yoga klasik dan kontemporer untuk menguatkan fisik, menyeimbangkan cakra, dan menenangkan hati dan pikiran.

Kisah Di Balik Sejarah Yoga yang Fenomenal | Breaktime
Bisa lakukan gerakan yoga di rumah

Berdasarkan aliran-aliran dan sejarah yoga tersebut, secara umum tentunya ada manfaat yang akan dihasilkan dari melakukan yoga secara teratur.

  • Yoga dapat membuat Anda lebih peka dan konsentrasi.
  • Prenatal yoga yang dilakukan oleh ibu hamil akan membuatnya lebih rileks selama masa kehamilan dan saat melakukan persalinan.
  • Latihan yoga secara rutin dan teratur juga mampu meningkatkan spiritual Anda.
  • Yoga juga sangat ampuh dalam mengatasi dan mengurangi tingkat depresi, stress, dan kecemasan seseorang.
  • Ini adalah manfaat yang ingin sekali dicapai oleh banyak orang dalam memilih olahraga yoga, yaitu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit.

Baca juga : PADUKAN BIR DENGAN YOGA JADI OLAHRAGA? BISA, KOK!

  • Yoga mampu menyembuhkan sindrom carpa tunnel yang merupakan penyakit pergelangan tangan akibat syaraf yang tertekan.
  • Yoga juga mampu menurunkan gejala menopause hingga 30%.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang sejarah yoga, jenis dan aliran yoga, serta manfaat yoga bagi kesehatan jiwa, tubuh, dan pikiran. Anda bisa rutin melakukan yoga dengan mengikuti kelas yoga ataupun melakukannya sendiri di rumah, B’timers. (vpd) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE