Kickboxing vs Zumba yang Lebih Efektif Bakar Kalori | Breaktime
Kickboxing vs Zumba, Mana yang Lebih Efektif Bakar Kalori?
24.12.2015

Bagi B’timers penggemar fitness tentu sudah tak asing dengan dua gerakan olahraga ini. Gerakan kickboxing dan zumba sama-sama menggunakan iringan musik. Jika gerakan zumba lebih fokus kepada gerakan dan goyangan pinggul, maka kickboxing lebih menekankan pada gerakan tinju dan menendang. Yuk, kenali lebih jauh tentang keduanya.

Persamaan keduanya

Baik zumba maupun kickboxing merupakan gerakan turunan aerobik. Keduanya menggunakan musik dan dilakukan secara berkelompok dengan dipimpin oleh instruktur kelompok. Selain fokus pada kardio, kedua gerakan ini juga berperan penting untuk kekuatan otot.

Tempat asal

Gerakan pada zumba berasal dari tarian Latin seperti salsa dan rhumba. Berfokus pada inti otot dan gerakan yang halus, serta mengutamakan keseksian dan ritme. Sementara, kickboxing banyak terinspirasi dari seni bela diri seperti Muay Thai dan karate, lebih mengarah kepada gerakan yang agresif.

Efeknya pada tubuh

Keduanya sama-sama memiliki efek yang baik untuk kesehatan, baik fisik maupun mental. Selain itu, baik kickboxing maupun zumba sama-sama bisa membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan hingga mencapai angka ideal. Yang paling penting adalah komitmen untuk melakukannya.

Kickboxing vs Zumba yang Lebih Efektif Bakar Kalori | Breaktime
Kickboxing dan zumba sama-sama membakar banyak kalori

Jumlah kalori terbakar

Kickboxing dan zumba, keduanya mampu membakar kalori dalam tubuh. Kickboxing membuat Anda menggerakkan seluruh otot hingga membakar sekitar 500-800 kalori. Sementara, zumba yang lebih banyak menggunakan gerakan tarian bisa membakar sekitar 500 kalori.

Nah, jika dilihat dari angkanya, kickboxing memang dapat membakar lebih banyak kalori. Itu karena gerakannya yang lebih intens dan berfokus kepada seni bela diri. Sedangkan zumba yang juga merupakan oleh gerak lebih fokus kepada tarian mengikuti iringan musik. Anda bebas memilih mana yang lebih Anda suka, tergantung kebutuhan Anda.

Kickboxing akan terasa lebih menguras energi lewat gerakannya yang bisa dibilang lebih berat dibandingkan zumba. Namun, kalori yang terbakar dengan melakukan kickboxing memang lebih banyak daripada melakukan zumba. Meski demikian, keduanya sama-sama merupakan olahraga yang menyenangkan dan seru karena dilakukan secara berkelompok. Jadi, manakah yang menjadi pilihan B’timers? (md)

Share This Article