Kiat Lakukan Diet Sesuai Bentuk Tubuh | Breaktime
Kiat Pintar Lakukan Diet Sesuai Bentuk Tubuh
20.05.2015

Tips Diet Sesuai Bentuk Tubuh

Tubuh yang sehat merupakan impian setiap orang, bukan? Apalagi bagi yang sedang menjalankan program diet dengan tujuan mencapai berat badan ideal. Pada dasarnya, diet bukan identik dengan kurus, namun dengan melakukan diet tubuh jadi sehat dan berat badan ideal adalah bonusnya. Nah, sudahkah diet B’timers sukses? Atau, kini masih mencari-cari program diet yang paling tepat?

(Baca juga: 4 Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes)

Ada kabar gembira, nih. Salah satu diet yang paling mujarab adalah diet berdasarkan bentuk tubuh, lho. Sebenarnya, masalah pembasmian lemak terletak pada “lokasinya” dalam tubuh. Sehingga, bentuk tubuh Anda bisa menjadi kunci utama untuk mengetahui program diet dan exercise yang terbaik, seperti yang diungkapkan oleh Marie Savard, MD, kontributor medis ABC News.

And be happy, Breaktime bakal kasih tips diet sesuai bentuk tubuh Anda:

The chili pepper diet

Bentuk tubuh satu ini tergolong ramping dan tak ada lekuk yang terlihat jelas antara pinggul, pinggang, dan bahu. Saat berat badan bertambah, biasanya penumpukan lemak terjadi di daerah tengah, ini juga meningkatkan resiko diabetes dan penyakit jantung. Neva Cochran, RD, ahli diet dan konsultan gizi di Dallas menyarankan chili pepper untuk mengonsumsi ikan, olive oil, kacang-kacangan, protein tanpa lemak dan karbohidrat kompleks.

The pear diet

Pear adalah bentuk tubuh di mana bagian bawah lebih lebar dibandingkan bagian atas, lemak tertimbun di pinggang, pinggul dan pantat. Tantangan terbesar bagi tipe pear  tak lain dan tak bukan adalah menurunkan berat badan. Diet dengan banyak mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti sereal gandum dan kacang-kacangan, protein bebas lemak seperti ayam atau ikan, serta buah dan sayuran akan membantu membakar lemak berlebih.

Buah dan sayuran, sumber energi dan pembakar lemak ampuh
Buah dan sayuran, sumber energi dan pembakar lemak ampuh

The apple diet

Banyak lemak pada tubuh bagian tengah, sementara bagian bawah lebih slim adalah ciri-ciri tubuh apple. Pemilik tubuh apple cenderung lebih mudah menurunkan berat dibandingkan tubuh pear sebab lemak di perut turun lebih cepat dibandingkan lemak yang tertimbun di bagian pantat dan paha. Makanan yang kaya serat dan karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, buah, sayuran dan gandum sangat baik untuk diet tubuh apple.

Nah, yang termasuk tipe tubuh yang manakah B’timers? Semoga berhasil dengan diet Anda, ya!

Share This Article