Khasiat Kacang Almond = Kacang Tanah, Masa Iya? | Breaktime
Khasiat Kacang Almond = Kacang Tanah, Masa Iya?
05.12.2015

Siapa yang tidak menggilai nikmatnya kacang almond? Selain lezat, kacang almond juga super ramah bagi kesehatan jantung. Sayangnya, harga almond lah yang tampaknya kurang bersahabat bagi kantong. Nah, adakah jenis kacang lain yang menawarkan manfaat sama tapi harganya lebih ramah?

Kacang tanah! Yap, sebuah penelitian yang dilakukan oleh pihak Pennsylvania State University di Amerika Serikat mengungkap manfaat ajaib kacang tanah bagi kesehatan. Hasilnya, mereka yang menyantap kacang tanah dan produk kacang tanah lainnya ternyata memiliki massa indeks tubuh (BMI) lebih rendah.

Penelitian senada juga ditemukan oleh ilmuwan dari Harvard School of Public Diet serta Women’s Hospital. Mereka menemukan bahwa pelaku diet kalori rendah yang memasukkan kacang tanah, selai kacang, dan lemak sehat lain ke dalam menunya mampu mengalami penurunan berat badan secara signifikan.

Khasiat Kacang Almond = Kacang Tanah, Masa Iya? | Breaktime
Roti dan selai kacang tanah mampu jadi menu awet mengenyangkan

Selain itu, tingginya kandungan protein kacang tanah inilah yang bantu perut jadi kenyang lebih lama. Selain itu, kacang tanah mengandung lemak tak jenuh tinggal dan tak jenuh tunggal yang baik untuk menurunkan kolesterol jantung. Meski begitu, dukungan diet rendah lemak secara menyeluruh juga dibutuhkan untuk meningkat manfaat kacang tanah pada tubuh.

Wah, tentunya ini jadi kabar baik bagi B’timers yang saat ini juga tengah menjalani diet ketat dan sayang pada jantung, ya! Setidaknya, dua sendok selai kacang yang Anda konsumsi mengandung 7 gram protein. Oleh karena itu, menjadikannya sebagai kombinasi menu sarapan atau makan siang pada selembar roti adalah pilihan tepat.

Selain itu, B’timers juga bisa menambahkan kacang tanah pada salad atau sereal yang mengandung banyak serat dan nutrisi lain. Mengonsumsinya sebagai camilan makanan ringan pun juga bisa Anda lakukan.

Hanya saja, sebaiknya Anda tak mengonsumsi kacang tanah lebih dari 1 sampai 2 ons, ya. Sebab, kadar lemak baik yang menumpuk berlebihan dalam tubuh pun bisa menjadi sumber gangguan kesehatan lainnya.

B’timers bisa mengonsumsi ¼ cangkir kacang tanah reguler yang dikukus, rebus, atau panggang tanpa garam. Bila kacang tanah Anda masih tersisa, simpanlah di dalam lemari es agar tak mudah rusak. Stay healthy, B’timers! (vsc)

Share This Article