KettleBell dan Dumbbell, Apa Sih, Bedanya? | Breaktime
KettleBell dan Dumbbell, Apa Sih, Bedanya?
05.03.2016

Latihan fisik adalah salah satu kegiatan untuk menyehatkan tubuh, sekaligus membentuk tubuh agar terlihat lebih menarik. Biasanya, orang yang fokus untuk latihan fisik akan melakukan olahraga di pusat kesehatan atau fitness. Di pusat kebugaran hampir semua alatnya melibatkan dua alat kesehatan, yaitu kettlebell dan dumbbell.

Bagi yang sering pergi ke tempat kebugaran pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua alat tersebut. Namun, terkadang banyak orang yang tidak mengerti perbedaan dari dua alat ini sehingga mereka jadi salah menggunakannya. Padahal keduanya memiliki fungsi dan cara menggunakan yang berbeda. Seperti apa?

1. Dumbbell

KettleBell dan Dumbbell, Apa Sih, Bedanya? | Breaktime
Berbentuk seperti tongkat dengan beban di kedua sisinya

Dumbbell adalah sebuah alat kebugaran yang digunakan untuk mengembangkan otot seseorang. Dumbbell berbentuk seperti tongkat yang kedua sisinya diberi pemberat yang setara. Alat ini sering digunakan untuk latihan bicep curls, lying Pec Flies, atau Tricep Kickbacks. Kelebihan menggunakan dumbbell adalah Anda bisa melakukan banyak gerakan dalam berlatih, otot semakin berkembang, tidak membatasi gerakan siku, tangan lebih leluasa, dan keseimbangan tubuh lebih mudah dibentuk.

2. Kettlebell

KettleBell dan Dumbbell, Apa Sih, Bedanya? | Breaktime
Berbentuk seperti ceret air dan cara penggunaannya diayunkan

Perbedaan dumbbell dan kettlebell, kettlebell merupakan sebuah alat kebugaran yang digunakan untuk latihan gerakan mengayun, B'timers. Bentuk dari alat ini seperti ceret air yaitu bundar dengan pegangan di atasnya. Tujuan menggunakan alat kebugaran ini adalah fleksibilitas dan pemusatan pembentukan tubuh bagian perut. Biasanya, orang yang menggunakan kettlebell adalah para atlet senam yang membutuhkan tubuh fleksibel saat tampil. Berat dari kettlebell beraneka ragam tergantung seberapa terlatih orang yang menggunakannya.

Dumbbell dan kettlebell memiliki ragam fungsi yang berbeda jadi Anda harus berhati-hati dalam penggunaannya. Mengapa harus begitu? Karena, apabila Anda salah menggunakannya manfaat yang didapat tidak sesuai dengan apa yang diharapkan meskipun Anda sudah berlatih sangat keras. Jadi kangan sampai salah dalam membedakan dumbbell dan kettlebell ya B'timers. (wsu)

Share This Article