Ketika Warna Sayuran ‘Berbicara’ | BREAKTIME
Ketika Warna Sayuran ‘Berbicara’
17.03.2015

Tak cuma pelangi yang berwarna-warni, aneka sayuran sehat pun memiliki warna cerah ceria yang jika diolah bisa meningkatkan napsu makan B’timers. Bukan hanya itu saja, warna-warni sayuran ini ternyata menyimpan sejuta manfaat di baliknya. Yuk, coba simak informasi menarik dari Breaktime berikut ini:

Merah

Ketika Warna Sayuran ‘Berbicara’

Sayuran berwarna merah kaya akan vitamin A (beta caroten) dan juga vitamin C. Selain itu, sayuran dengan warna merah seperti tomat dan red peppers juga mengandung magnesium dan serat. Masih ada juga lycopene yang merupakan nutrisi baik untuk melawan penyebab kanker.

Ungu 

Ketika Warna Sayuran ‘Berbicara’

Sayuran seperti terong dan bawang merah yang memiliki warna ungu menandakan bahwa terdapat kandungan anthocyanins di dalamnya. Menurut Gloria Tsang, RD, seorang editor-in-chief di Health Castle, anthocyanins merupakan sebuah antioksidan yang sangat kuat dan berguna untuk melindungi pembuluh darah serta menjaga kesehatan kulit. 

Orange

Ketika Warna Sayuran ‘Berbicara’

Menurut Susan Bowerman, MS, RD, CSSD, seorang dosen di department of food science and nutrition Cal Poly San Luis Obispo, sayuran yang memiliki warna orange dikategorikan ke dalam jenis “vision vitamin” karena memiliki kandungan beta-cryptoxanthin, beta-carotene, alpha-carotene serta vitamin A yang baik sekali untuk mata. Selain itu, kandungan beta carotene dalam sayuran berwarna orange ini juga berfungsi sebagai pencegah kanker dan dapat menekan risiko munculnya gangguan paru-paru.

Putih

Ketika Warna Sayuran ‘Berbicara’

Kembang kol dan lobak termasuk ke dalam jenis sayuran yang memiliki warna putih. Meskipun warnanya cenderung pucat, namun kandungan yang ada di balik sayur berwarna putih tak kalah banyaknya, seperti vitamin C, vitamin K, dan folate. Selain itu, bawang putih juga memiliki allicin yang berfungsi menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan pembuluh darah dari kerusakan. 

Mulai saat ini, siapkan sayur berbagai warna untuk diolah menjadi santapan lezat bagi seluruh keluarga. Aneka kandungan baik yang tersembunyi di balik cerahnya warna sayur akan menyumbangkan asupan nutrisi yang tentu saja bermanfaat untuk kesehatan.

Share This Article