Kesalahan Saat Berolahraga Bisa Kurangi Manfaatnya, Watch Out! | Breaktime
Kesalahan Saat Berolahraga Bisa Kurangi Manfaatnya, Watch Out!
05.10.2015

Banyak orang pergi ke pusat kebugaran untuk mendapatkan tubuh yang sehat sesuai dengan yang diinginkan. Namun ternyata, kebanyakan orang tersebut masih saja melakukan berbagai kesalahan umum saat berolahraga dan bisa-bisa menghalangi tujuan yang sebenarnya ingin diraih. Apa saja ya kesalahan umum yang dialkukan saat berolahraga? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Tidak melakukan pemanasan

Tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu saat berolahraga bisa sebabkan cedera
Tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu saat berolahraga bisa sebabkan cedera

Tidak melakukan pemanasan terlebh dahulu sebelum berolahraga merupakan kesalahan yang sangat umum terjadi. Mereka yang kurang melakukan pemanasan awal saat olahraga, bisa-bisa mengalami cedera yang parah nantinya. Maka dari itu, jika Anda ingin berlari di treadmill lakukan secara perlahan terlebih dahulu atau lakukan stretching ringan kemudian baru meningkatkan kecepatannya.

Tidak melakukan pendinginan

Pendinginan setelah olahraga sangat perlu, jangan mandi terlebih dahulu
Pendinginan setelah olahraga sangat perlu, jangan mandi terlebih dahulu

Tidak hanya pemanasan saja yang penting untuk dikerjakan, pendinginan pun juga. Tunggulah detak jantung kembali normal seperti sedia kala, biarkan keringat berkurang dan kemudian baru mandi agar tidak membahayakan tubuh. Kebanyakan orang langsung mandi sehabis berolahraga dan hal ini tidak baik untuk kesehatan.

Olahraga dengan perut kosong

Sebaiknya olahragalah dengan perut terisi sebelum melakukan olahraga
Sebaiknya olahragalah dengan perut terisi sebelum melakukan olahraga

Kebanyakan orang mengira olahraga saat perut kosong akan membuat lemak di dalam tubuh terbakar dalam jumlah yang banyak. Namun, Jessica Smith seorang ahli fitness dari Amerika menyarankan Anda untuk makan 1 atau 2 jam terlebih dahulu sebelum berolahraga untuk menghindari cravings atau overeating. Berilah tubuh asupan nutrisi yang dibutuhkan sebelum olahraga untuk membuatnya tetap berenergi dan tidak lemas.

Terlalu memaksakan diri

Kalau tubuh sudah lelah hentikan olahrgaa yang dilakukan
Kalau tubuh sudah lelah hentikan olahrgaa yang dilakukan

Memaksakan diri untuk terus menerus berolahraga tanpa kenal istirahat dengan tujuan dapatkan hasil yang maksimal perlu untuk diminimalisir. Melakukan olahraga yang tak kenal lelah dan istirahat akan membuat tubuh Anda cepat drop. Maka dari itu, jika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan, sebaiknya hentikan dan beristirahatlah dan mulai lagi jika tubuh sudah siap.

Melakukan olahraga setiap hari

Untuk menghindari kebosanan dan kelelahan, lakukan olahraga 2-3 kali dalam seminggu
Untuk menghindari kebosanan dan kelelahan, lakukan olahraga 2-3 kali dalam seminggu

Melakukan olahraga setiap hari berdampak yang kurang baik untuk mental dan fisik. Tubuh akan sangat kelelahan jika berolahraga setiap hari apalagi menggunakan berbagai benda berat. Untuk mental sendiri, Anda bisa kehilangan motivasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Maka dari itu, lakukanlah olahraga 2 sampai 3 kali dalam seminggu namun secara teratur agar tubuh tetap bugar dan mental tidak mengalami kebosanan.

Itulah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan orang saat berolahraga. Bagaimana dengan Anda sendiri, B’timers? 

Share This Article