Banyak Orang Gagal Dapatkan Perut Six-Pack, Why? | Breaktime
Kenapa Banyak Orang Gagal Dapatkan Perut Six-Pack?
10.11.2015

Banyak orang yang benar-benar menginginkan tubuh bagus dan terbentuk, terutama pada bagian perut. Baik pria atau wanita, memiliki perut six-pack menjadi satu idaman tersendiri. Sayangnya, tidak sedikit yang gagal untuk mendapatkanya.

Pada umumnya, seseorang yang baru saja mengikuti program pembentukan badan baik yang dilakukan sendiri di rumah atau juga yang ikut-ikutan nge-gym, akan langsung melakukan olahraga berat guna mendapatkan bentuk otot perut yang bagus. Sayangnya, justru hal tersebut tidak dianjurkan.

Untuk mendapatkan perut six-pack, yang perlu B’timers lakukan pertama kali adalah dengan bagian transverse abdominis (TA) atau lapisan terdalam di dalam perut. Untuk dapat melatih bagian tersebut, satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah pengaturan pernapasan. Jika ada pembatasan pada bagian fleksor pinggul dan pengerasan pada bagian insersi oto perut, maka tidak ada gunanya Anda meneruskan latihan untuk membentuk otot perut, karena tidak akan mendapatkan hasil maksimal.

Banyak Orang Gagal Dapatkan Perut Six-Pack, Why? | Breaktime
Jangan terburu-buru untuk melakukan latihan angkat beban, tapi latihlah pernapasan Anda dulu

Untuk mendapatkan bentuk perut six-pack seperti yang diinginkan, maka pernapasan diafragma adalah kunci dan langkah awal untuk dilakukan.  Dengan melatih pernapasan, maka B’timers secara tidak langsung akan melatih kekuatan dan stabilitas tubuh.

Cara melatih dan melakukan pernapasan diafragma

  • Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki datar. Upayakan punggung terus dengan posisi datar sejajar dengna lantai
  • Ambil napas dalam-dalam melalui hidung, pastikan bahwa perut bawah naik dan dada Anda tidak bergerak.
  • Arahkan udara yang Anda ambil untuk masuk ke rongga paru-paru dan kemudian fokus pada pengiriman napas ke perut bagian bawah serta tetap menjaga punggung tetap datar.
  • Keluarkan napas perlahan melalui mulut.
  • Jika hal tersebut sulit dilakukan, maka itu tandanya ada penghalang untuk membawa udara ke bagian tersebut. Perlu dilakukan latihan yang teratur agar dapat berhasil membawa udara ke bagian bawah perut.

Jika pernapasan diafragma sudah berhasil dilakukan, maka Anda dapat secara leluasa melatih daerah TA dan melanjutkannya dengan melakukan latihan berat untuk pembentukan otot. Terkadang, ada orang yang mengatakan bahwa setelah melakukan latihan pembentukan perut, bagian punggungnya sakit, hal itu pertanda bahwa dia belum dapat menjaga kestabilan pada tubuhnya.

Memang terkesan sepele dan tidak ada hubungannya dengan latihan berat, akan tetapi melatih pernapasan adalah vital dan perlu dilakukan seseorang agar dapat menghasilkan bentuk tubuh yang dikehendaki. Selamat mencoba. (das)

Share This Article