Kenali Tanda Detak Jantung Normal Saat Olahraga | Breaktime
Kenali Tanda Detak Jantung Normal Saat Olahraga
17.10.2016

Bagaimana cara Anda mengetahui latihan fisik yang dilakukan sudah sesuai, B’timers? Jika merasa sesak napas, sakit dan detak jantung tak beraturan, kemungkinan besar latihan yang kita lakukan terlalu berat, lho.  Well, denyut jantung maupun nadi ketika kita berolahraga memang akan meningkat. Namun kenali tanda detak jantung normal saat berolahraga dengan tips berikut, yuk, B’timers!

Kenali Tanda Detak Jantung Normal Saat Olahraga | Breaktime
Perhatikan jam untuk mengetahui detak jantung normal

Aturan dasar detak jantung normal saat olahraga

Detak nadi serta jantung adalah cara untuk memberitahu seberapa keras dan efektif jantung memompa. Setiap kali jantung mengembang, darah akan mengalir melalui titik-titik nadi di seluruh tubuh. Denyut nadi yang normal adalah erkisar 60 – 90 saat Anda tidak melakukan kegiatan apapun. Sementara ketika kita berolahraga atau beraktivitas, normalnya jantung akan berdetak hingga 200 kali, B’timers.

Namun tanda detak jantung normal saat berolahraga tentu saja bergantung pada usia dan juga tingkat kebugaran seseorang. Jika denyut nadi Anda terlalu rendah saat ebrolahraga, hal itu bisa menyebabkan pusing hingga pingsan. Sementara jika denyut nadi atua jantung terlalu cepat, tandanya adalah masalah medis yang perlu diperiksa labia lanjut, B’timers.

Baca juga : BERAPA LAMA IDEALNYA OLAHRAGA JALAN DALAM SEHARI?

Selama latihan fisik, peningkatan detak jantung antara 60 hingga 80 persen adalah normal. Sebaiknya Anda hindari olahraga yang mendorong denyut jantung hingga di atas 85 %, karena hal ini dapat berisiko meningkatkan masalah jantung dan tulang tanpa memberikan manfaat kesehatan tambahan apapun, B’timers.

Kenali Tanda Detak Jantung Normal Saat Olahraga | Breaktime
Tanpa berhenti olahraga, Anda juga bisa memeriksa

Untuk mengetahui apakah detak jantung Anda tergolong normal saat latihan fisik, langkah yang harus Anda lakukan adalah menghentikan latihan dan menghitung jumlah detak jantung selama 10 detik. Anda bisa menempatkan ujung telunjuk, jari tengah dan manis ke sisi telapak tangan maupun leher di dekat tenggorokan yang berlawanan. Tekan hingga Anda merasakan denyut nadi.

Dari hasil hitungan detak jantung, selama 10 detik, kalikan enam. Namun Anda juga bisa menghitung tanpa perlu berhenti berolahraga, kok. Caranya adalah dengan mencari tahu apakah Anda masih bisa berbicara dan berolahraga di saat yang sama. Jika Anda tidak terlalu kehabisan napas, hal tersebut adalah normal.

Nah, dengan tanda detak jantung normal saat berolahraga, kini Anda bisa mengira-ngira apakah latihan yang dilakukan sudah sesuai atau belum, kan, B’timers? (NO)

Share This Article