Kenali Makanan yang Bisa Rusak Fitnes Anda | Breaktime
Kenali Makanan yang Diam-Diam Merusak Program Fitnes Anda
30.10.2015

Membentuk tubuh jadi macho dan atletis dengan gym mulai banyak diminati. Tapi, tak hanya jenis latihan fitnes saja yang perlu B’timers perhatikan, asupan makanan sebelum dan sesudah nge-fitnes juga sangat wajib dijaga. Sebab, sejumlah makanan ternyata bisa bikin latihan fisik Anda jadi sia-sia, lho. Nah, berikut jenis makanan yang sebaiknya Anda jauhi, ya.

Putih telur

Benar, telur memang mengandung banyak protein yang bagus untuk pembentukan otot. Tapi konsumsi putih telur saja hanya memasok 3,6 gr protein dan 17 kalori. Ini merupakan jumlah yang amat sedikit bila B’timers mengonsumsi putih telur dan kuning telur bersamaan. Setidaknya ada 78 kalori dan 6,3 gr protein yang bagus untuk membentuk tubuh jadi lebih macho.

Kenali Makanan yang Bisa Rusak Fitnes Anda | Breaktime
Kentang goreng rawan membahayakan penyakit arteri jantung

Kentang goreng

Kentang memang jadi menu sehat yang mengenyangkan, tapi tidak untuk jenis French fries! Sebab, kentang goreng mengandung kadar lemak jenuh yang lebih banyak dibandingkan kentang rebus. Kondisi ini sangat tak baik bagi kesehatan arteri jantung B’timers. Selain itu, kentang goreng juga bikin Anda ketagihan dan akhirnya mengalami obesitas. Jadi, ganti saja dengan kentang rebus, ya!

Sereal siap saji

Konsumsi sereal siap saji barangkali akan lebih lezat sebab aromanya lebih menggoda selera. Namun, berdasar penelitian yang dimuat dalam Journal of the American College of Nutrition, konsumsi sereal siap saji akan menjadikan perut mudah lapar dibandingkan bila Anda mengonsumsi oatmeal saja.

Kenali Makanan yang Bisa Rusak Fitnes Anda | Breaktime
Lemak daging iga sapi berpotensi bikin perut buncit

Daging iga sapi

Benar, konsumsi daging yang kaya protein memang bagus bagi otot, tapi tidak untuk bagian iga sapi, ya. Sebab, bagian ini mengandung lemak daging merah yang sering memicu perut buncit dan lingkar pinggang yang membesar. Solusinya, gantilah dengan konsumsi sirloin steak karena mengandung protein liat yang mampu menurunkan asupan kalori tiap hari. Setidaknya Anda perlu mengonsumsi 0,8 hingga 1 gr daging per harinya.

Jus apel kemasan

Konsumsi jus apel botolan usai nge-gym mungkin sangat menyegarkan. Namun, tahukah B’timers bahwa kandungan gula jenis fruktosa pada jus apel kemasan ternyata sangat tinggi? Padahal, fruktosa memicu pembentukan lemak yang dapat mengakibatkan penyakit dalam pada jantung. Sebaliknya, gantilah dengan konsumsi apel segar organik yang bebas dari gula tambahan.

Mulai sekarang selektiflah memilih menu makanan yang akan dikonsumsi sebelum maupun sesudah nge-fitnes, ya. Dengan begitu usaha Anda melakukan berbagai latihan fisik pun tak jadi sia-sia.

Share This Article