Kenali 4 Menu Prophetic Diet ala Rasululllah, Yuk! | BREAKTIME
Kenali 4 Menu Prophetic Diet ala Rasululllah, Yuk!
19.03.2015

Prophetic Diet

Bicara soal tahun baru Islam yang baru berlalu beberapa saat lalu, adakah resolusi baru yang ingin Anda wujudkan? Well, it goes something like, “This year I will lose weight and get fit.” Nah, bila memang B’timers ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, mengapa tak mencoba menu diet ala Rasulullah shallallahu’alayhi wassalam?

(Baca juga: Diet Kimchi Orang Korea)

Yap, Nabi Muhammad memang sangat berhati-hati dalam memilih makanan. Hal inilah yang menjadikan tubuh beliau memiliki stamina yang kuat ketika beraktivitas. Untuk mengobati rasa penasaran Anda, berikut ini adalah jajaran menu special prophetic diet yang berhasil Breaktime rangkum:

Kurma

Kenali 4 Menu Prophetic Diet ala Rasululllah, Yuk!

Anjuran Rasulullah untuk mendahulukan konsumsi kurma segar (ruthab) saat berbuka puasa dalam berbagai literatur hadits shahih ternyata bukan tanpa alasan. Dalam keadaan segar, 100 gr kurma memiliki kandungan 277 kalori serta dilengkapi dengan gula sederhana seperti fruktosa dan dextorosa yang akan mengembalikan energi serta kesegaran tubuh secara optimal. Selain itu, kurma juga mengandung serat tinggi yang mencegah penyerapan kolesterol jahat LDL dalam usus.

Olive oil

Kenali 4 Menu Prophetic Diet ala Rasululllah, Yuk!

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam olive oil menjadikan minyak ini lazim digunakan sebagai thibbun nabawi (pengobatan ala Nabi). Tak hanya berperan sebagai obat herbal, rasa unik pada olive oil ini juga sering dijadikan sebagai komposisi masakan sehat dengan cita rasa yang super yummy. Selain itu, adanya linoleic (omega-6) dan linoleic acid (omega-3) di dalam olive oil menjadikannya banyak dipilih sebagai minyak goreng sehat.

Madu

Kenali 4 Menu Prophetic Diet ala Rasululllah, Yuk!

Pemanis tertua sepanjang sejarah ini juga menjadi salah satu rekomendasi Nabi Muhammad untuk dikonsumsi guna meningkatkan sistem imunitas tubuh B’timers, lho! Tingginya kandungan flavonoid dalam madu akan menjadikannya sebagai antioksidan ampuh untuk mengurangi risiko sejumlah jenis kanker serta penyakit jantung. 

Susu kambing

Kenali 4 Menu Prophetic Diet ala Rasululllah, Yuk!

Susu kambing yang kaya akan manfaat kesehatan, juga menjadi menu diet sehat ala Rasulullah yang tak boleh Anda lewatkan. Sebuah penelitian yang dilakukan di USDA dan Praire View A&M University melihat adanya hubungan antara konsumsi susu kambing dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan metabolisi zat besi dan mineral tembaga, terlebih bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam mencerna kedua nutrisi penting ini.

Kini, apakah B’timers sudah siap untuk melakukan pola hidup sehat dengan mencontoh diet ala Rasulullah? Konsumsi empat makanan tersebut secara rutin akan membantu Anda mendapatkan stamina yang lebih optimal dan siap menjalani hari-hari dengan semangat tinggi. Selain itu, jangan lupa pula untuk mengawali aktivitas makan dengan baca basmalah, ya!

Share This Article